8 tips sederhana memilih carrier untuk mendaki gunung

Carrier, beberapa orang seringkali menyebutnya sebagai tas keril atau tas gunung, merupakan peralatan wajib yang harus dibawa saat mendaki gunung. Carrier berfungsi untuk membawa dan menampung barang-barang yang diperlukan ketika kita berada di alam bebas baik itu peralatan survival, logistic, navigasi maupun komunikasi. Tas carrier berbeda dengan tas yang biasa dipakai sehari-hari atau daypack. Tas carrier didesain secara khusus untuk menampung barang-barang dalam jumlah yang cukup banyak serta didesain dengan sedemikan rupa sehingga, meskipun seseorang pendaki atau treveller membawa barang dengan beban yang banyak namun tetap memberikan kenyamanan kepada pemakainya. 

8 tips sederhana memilih carrier untuk mendaki gunung

Hal yang membedakan tas carrier dengan tas lainnya selain daya tampungnya yang lebih besar adalah umumnya tas ini memiliki frame atau penyangga pada bagian yang melekat pada punggung kita . Diharapkan dengan adanya frame yang menyangga, membuat posisi kita tetap stabil ketika memakai carrier dalam kondisi carrier terisi barang dengan beban berat. Selain itu frame ini  berfungsi sebagai pelindung serta membantu tulang punggung kita agar tetap pada posisi tegak sehingga dapat meminilisir nyeri akibat penekanan yang terlalu lama. Saat ini banyak dijual produk-produk carrier baik itu carrier yang berasal dari luar negeri maupun carrier yang asli produksi dalam negeri. Sebagai konsumen cerdas, tentunya kita akan jeli dalam memilih carrier yang akan kita pakai. Memang setiap produk menawarkan kelebihan masing-masing, namun secara garis besar ada beberapa hal yang perlu kita diperhatikan ketika membeli suatu carrier. Ruang pendaki akan membagi tips memilih carrier dengan tepat sesuai dengan kebutuhan. Berikut tipsnya: 

Pilihlah carrier yang mempunyai rangka punggung

frame atau rangka punggung 

Sesuai yang sudah dijelaskan sebelumnya, tentang pentingnya carrier yang mempunyai rangka punggung. Penulis sendiri pernah mempunyai pengalaman memakai carrier dengan rangka punggung dan memakai carrier tanpa rangka punggung. Awal perjalanan memang tidak begitu terasa, namun setelah berjam-jam pemakaian maka akan terasa  perbedaannya. Carrier tanpa rangka punggung setelah dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama akan membuat badan kita cepat pegal dan capek karena punggung bagian belakang tidak ada bantuan untuk menopangnya. Berbeda dengan carrier yang mempunyai rangka punggung, meskipun kecil, setidaknya punggung bagian belakang tidak sepenuhnya menopang berat carrier yang kita bawa.
Selain berfungsi sebagai penopang punggung, adanya frame atau rangka akan memudahkan kita dalam proses packing, proses packing akan lebih mudah karena sudah ada frame yang membentuk atau istilah lainnya mem”body” carrier, sehingga ketika dipakai carrier akan lebih presisi tentunya harus dengan penempatan barang bawaan yang sesuai.


Pilihlah carrier yang nyaman sesuai dengan anatomi tubuhmu  

Nyaman atau tidaknya sebuah carrier tentu akan relatif bagi setiap orang, karena pada dasarnya anatomi tubuh seseorang berbeda. Misalkan ada 2 orang yakni A dan B yang ingin membeli carrier. Carrier mahal belum tentu nyaman digunakan bagi si A begitu pula sebaliknya, justru carrier dengan harga yang cukup terjangkaulah yang paling nyaman digunakan. Oleh karena itu, ketika hendak memilih carrier, janganlah anda lihat dari bentuk atau warna dari carrier tersebut, meskipun kedua hal tersebut bagi sebagian orang cukup penting, namun selain kedua faktor tersebut, kenyamanan dan keamananlah yang paling dibutuhkan ketika anda memakai carrier untuk berpetualangan di alam bebas. Anda sebaiknya mencoba terlebih dahulu carrier yang akan dibeli, janganlah sungkan untuk bertanya kepada penjual produk tersebut, bertanyalah kelebihan dan kekurangan produk yang akan anda beli untuk mendapatkan kualitas dan harga yang terbaik.

Pilihlah carrier yang ringan namun kuat

Untuk meringankan bebanmu saat mendaki gunung, carrier yang ringan namun kuat adalah solusinya. Pada umumnya brand-brand yang mempunyai nama besar menyediakan produk yang sudah teruji kekuatannya, misalkan pabrikan tas carrier asal eropa deuter, meskipun tidak menutup kemungkinan brand-brand lokal juga tidak kalah soal kualitasnya. Sebut saja consina atau eiger yang sudah mempunyai kualitas hampir bisa disamakan dengan brand-brand luar lainnya. 

Sesuaikan kapasitas carrier dengan kebutuhan anda


Kapasitas carrier merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam membeli carrier. Pertimbangkanlah rencana perjalanan anda jangka panjang bukan hanya untuk jangka pendek saja. Pertimbangkanlah pula fungsi lain dari carrier selain untuk mendaki gunung, misalkan untuk travelling ke luar kota atau luar daerah dalam jangka waktu yang cukup lama.

Untuk kegiatan yang mengharuskan anda menghabiskan waktu yang lama otomatis carrier yang dibutuhkan adalah carrier yang mempunyai kapasitas yang cukup besar, berbeda dengan anda yang hanya cukup sehari saja melakukan perjalanan.  Bila perjalanan anda berkisar antara 1-2 hari idealnya anda memilih carrier berukuran antara 20-50 L. Bila perjalanan anda memerlukan waktu berkisar antara 2-3 hari saya sarankan anda memilih carrier dengan ukuran antara 50-60 L. Sedangkan bila perjalanan anda memerlukan waktu tempuh 3 hari bahkan lebih dari 5 hari, maka saya menyarankan untuk memilih tas carrier dengan ukuran 60-80 L atau bahkan lebih dari itu yakni 90 L.

Saya sendiri memilih membeli tas carrier dengan ukuran 60 L. Pertimbangan saya karena saya tinggal di daerah Jawa yang pada umumnya gunung-gunungnya hanya memerlukan beberapa hari pendakian dan tidak lebih dari 1 minggu, maka ukuran 60 L saya rasa cukup untuk membawa segala kebutuhan saya. Tentunya dengan konsep ultralighthiking maka akan sangat menghemat baik itu tempat maupun beban yang saya bawa ketika melakukan perjalanan pendakian. Namun semua kembali kepada pribadi masing-masing, karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Hal ini hanya sebagai gambaran umum.

Pilihlah carrier yang dapat mendistribusikan berat bawaan dengan baik

Ketika anda memakai carrier yang sudah terisi dengan barang bawaan maka respon tubuh anda akan lebih condong ke depan, hal ini adalah respon normal dari tubuh kita untuk mengelola pertambahan berat yang kita bawa di dalam carrier. Semakin curam medan yang kita lewati maka akan semakin condong pula tubuh kita ke bagian depan. Namun ketika melewati medan yang mendatar maka posisi tubuh akan lebih tegak. Dalam posisi  tubuh seperti ini sebagian dari berat harus jatuh dan menumpu pada pinggul anda yakni sekitar 60-85 % dari keseluruhan beban carrier, selebihnya beban harus dapat tersebar diantara pundak anda. Hal inilah mengapa anda harus memilih carrier yang dapat melindungi bahu anda agar tidak mudah mengalami cidera, Pilihlah carrier dengan bagian pelindung bahu terbuat dari busa yang cukup tebal dan nyaman.

Pilihlah carrier yang mempunyai fitur-fitur lengkap     

carrier yang mempunyai fitur lengkap

Kenyamanan sebuah cerrier tidak lepas dari fitur-fitur yang disediakan produk tersebut. Ada beberapa fitur penting yang setidaknya harus dimiliki oleh sebuah carrier guna menunjang kenyamanan perjalanan anda diantaranya :

Lid of brain-atau tas bagian atas. Kegunaannya adalah untuk menyimpan barang-barang yang sering anda pakai dan pemakaiannya memerlukan waktu yang cepat. Penyimpanannya diletakkan diatas Penyimpanan diatas dipilih karena bagian tersebut mudah dicapai, tanpa harus membuka ruang penyimpanan utama terlebih dahulu. Misalkan untuk menyimpan peta atau jas hujan, kita tidak mungkin akan membuka tutup penyimpanan utama ketika hendak mengambil peta karena hal itu boros waktu dan tenaga. Begitu pula ketika tiba-tiba terjadi hujan di tengah jalan, penyimpanan jas hujan di bagian atas sangat memudahkan kita mengambil dan memakainya tanpa harus repot mencari barang tersebut diantara tumpukan barang yang lain

Tempat raincover. Raincover merupakan salah satu dari 25 barang yang harus dibawa saat mendaki gunung. Tujuan dari penggunaan raincover ini adalah supaya carrier dan barang yang kita bawa tetap aman serta awet karena terlindung dari air hujan. Pastikan anda memilih carrier yang mempunyai ruang penyimpanan raincover, biasanya tempat penyimpanan raincover berada pada bagian bawah carrier, namun tidak sedikit pula produk yang menempatkan penyimpanan raincover di samping ataupun dibagian atas carrier.

Tempat penyimpanan slepping bag. Sama halnya dengan raincover, carrier sebaiknya dilengkapi juga dengan wadah penyimpanan slepping bag. Biasanya disimpan di bagian bawah, letaknya dibuat sedemikian rupa sehingga tumpuannya tepat jatuh pada pinggang kita agar pinggang kita tidak terlalu nyeri bilamana menumpu beban dalam waktu yang cukup lama

Tempat penyimpanan air yang mudah dijangkau. Mengingat air merupakan kebutuhan pokok kita ketika kita melakukan perjalanan, sebaiknya anda memilih carrier yang memiliki fitur penyimpanan air yang mudah dijangkau. Selain tempat water bladder sebaiknya penyimpanan air juga harus tersedia di bagian luar sebagai contoh di bagian samping dari carrier. 

Memiliki beberapa kantong untuk penyimpanan. Cerrier yang baik memiliki beberapa kantong untuk penyimpanan barang. Penyimpanan suatu barang juga tidak akan mungkin kita campur jadi satu, misalkan kantong atau ruang utama untuk menyimpan peralatan masak dan peralatan untuk tidur, sedangkan kantong / komparteman kedua untu menyimpan bahan-bahan logistic. Dengan memilah-milah penyimpanan, selain mengurangi resiko barang tersebut rusak, juga memudahkan kita dalam mengambil, karena barang tersebut disimpan sesuai dengan kategorinya masing-masing.

Pertimbangkan fitur lainnya yang dapat menambah kenyamanan anda

Lingkar pinggang : Lingkar pinggang sangat penting untuk menjaga posisi carrier. Seringkali orang beranggapan bahwa pinggang belakanglah yang memperoleh banyak tekanan saat membawa beban dalam carrier, namun hal itu tidak sepenuhya benar. Dengan adanya fitur-fitur carrier modern seperti strap dan tali bagian pingggang, maka berat yang dibawa dapat diditribusikan ke bagain-bagian tersebut. Khusus untuk merek luar sebaiknya anda menyesuaikan ukuran bagian pinggang terlebih dahulu sebelum membelinya, karena pada dasarnya produsen memproduksi suatu produk disesuaikan dengan ukuran warga negara asal produk tersebut yang umumnya mempunyai ukuran pinggang lebih besar. Berbeda dengan ukuran pinggang orang Indonesia (Asia ) yang mempunyai ukuran pinggang yang lebih kecil.   

strap penyangga beban yang kokoh 
Strap penyangga beban yang kuat serta tidak mudah kendor 
Pengalaman beberapa kali memakai carrier sewa dengan strap yang mudah kendor sehingga membuat carrier sering melorot dan merepotkan kita karena harus sering menarik strap tersebut untuk memposisikan sesuai dengan posisi tubuh atau sesuai dengan kenyamanan kita. Dari pengalaman tesebut saya lebih barhati-hati dalam memilih carrier, sebelum membelinya saya coba lebih dahulu terlebih bagian strap tersebut, meskipun harus lama dalam memilihnya, namun demi suatu kenyamanan tidak salahnya kita mencoba dahulu produk yang akan kita beli.


strap sternum
Strap sternum
Strap sternum juga tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan strap penyangga beban. Strap ini membantu kita merekatkan strap utama terhadap tubuh kita. Pilihlah strap sternum yang kuat agar beban dapat didistribusikan secara merata baik itu di pinggang maupun di bagian bahu serta badan kita. Selain itu strap sternum juga memiliki fungsi untuk memberikan keseimbangan tubuh kita agar posisi badan tidak miring ketika melewati medan yang cukup terjal.  


Sesuaikan dengan gaya anda 


Saat ini banyak dijual carrier dengan beragam bentuk serta dengan warna yang berbeda, nah anda pasti mempunyai warna kesukaan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Pilihlah carrier yang sesuai dengan gaya anda baik itu bentuk serta warna. Bagaimanapun kita akan lebih senang memakai carrier yang sesuai dengan gaya kita, serta pilihan kita sendiri dibandingkan dengan carrier yang dipilihkan orang lain untuk kita.

Demikian 8 tips sederhana memilih carrier untuk mendaki gunung, semoga artikel ini bermanfaat...
Jangan lupa untuk meninggalkan jejak dengan memberikan komentar. Kritik dan saran sahabat akan sangat membantu bagi saya...... 

Salam


Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "8 tips sederhana memilih carrier untuk mendaki gunung"

  1. satu lagi mas tambahan kecil, pastikan merk resletingnya "YKK" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. YKK = Yen Kesusu Kejepit ahahahaha :ng asli mana mas?

      Delete
    2. ahaha ini merek YKK beneras mas, bukan kejepit kejepit gitu :D

      kelahiran Banyumas, tapi gede di Banjarnegara,

      Delete
  2. Wahh keren mas, lumayan nih buat jadi referensi saya.

    ReplyDelete