10 tips memilih sandal gunung, sandal outdoor untuk pendakian

Sandal gunung, benda yang satu ini mungkin dapat kita jumpai dengan mudah. Tidak hanya untuk keperluan kegiatan outdoor saja, namun pemakaian sandal gunung kini sudah menjadi trend tersendiri. Beberapa orang memilih menggunakan sandal gunung, karena alas kaki jenis ini memiliki berbagai macam kelebihan yang tidak dapat kita temui pada sandal biasa. Salah satu keistimewaan dari sandal gunung adalah kekuatannya yang sudah teruji dan tidak bisa dipandang sebelah mata.

 tips memilih sandal gunung

Saat ini banyak sekali beredar sandal-sandal gunung yang dapat kita temui baik di toko sepatu dan sandal serta di toko perlengkapan kegiatan outdoor. Merknya pun beragam, mau beli yang merk impor ataupun merek lokal yang mempunyai kualitas yang tidak jauh berbeda dari kualitas barang impor tergantung dengan budged dan selera kita masing-masing. Admin sendiri sudah memakai sandal gunung sejak tahun 2006, dan beberapa kali ganti sandal karena rusak, dari pengalaman tersebut ada point-point penting yang harus anda perhatikan sebelum anda memilih dan membeli sandal gunung. Hal tersebut harus diperhatikan agar anda dapat memperoleh barang yang terbaik, baik itu dari segi kualitas, kenyamanan dan tentunya harga yang bersahabat. Berikut ini tips memilih sandal gunung versi ruang pendaki.


Sesuaikan dengan ukuran kaki anda

Ukuran merupakan salah satu faktor penting sebelum anda memilih dan membeli sebuah sandal gunung. Untuk ukuran sebaiknya anda membeli sandal dengan ukuran yang sedikit lebih besar dari telapak kaki anda, mengapa demikian? bila anda melewati jalur atau track yang menurun otomatis kaki akan berusaha menahan beban anda dan barang bawaan, dampaknya kaki terutama pada ujung kaki akan terdorong ke depan. Bila anda memakai sandal yang pas maka bagian ujung kaki akan keluar dari bantalan sandal dan beresiko terkena baik itu batu ataupun tergesek dengan tanah serta benda-benda lainnya  yang terdapat pada jalur pendakian. Selain itu memilih sandal dengan ukuran yang sedikit lebih besar akan membantu kita bilamana kita melewati medan yang becek. Kaki tidak akan mudah terkena lumpur karena lumpur tersebut hanya akan membasahi space antara kaki dengan ujung sandal kita.

Pilihlah sandal dengan grip yang tebal

abaikan obyek di belakang, pilih sandal yang memiliki grip tebal
Yang membedakan sandal gunung dengan sandal yang kita kenakan sehari hari adalah, sandal gunung dilengkapi dengan grid yang disesuaikan dengan kontur tanah atau medan di daerah pegunungan. Dengan adanya grip yang cukup tebal dan bergerigi maka kita tidak akan mudah terpeleset bilamana kita melewati medan yang menurun. Selain itu dengan adanya grip ini pijakan kita terhadap medan akan lebih kuat, hal ini sangat berguna bagi kita ketika melewati medan dengan kontur kasar misalkan medan dengan batuan padas.


Sesuaikan dengan anatomi kaki anda

Anatomi atau bentuk telapak kaki orang tentunya tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya. Begitu pula soal kenyamanan. Ada orang yang mempunyai telapak kaki yang lebar ada juga yang kecil, nah untuk dapat mengetahui sandal tersebut nyaman dan sesuai dengan kaki kita, salah satu cara adalah mencoba sandal yang akan kita beli. Dengan mencoba sandal yang akan kita beli maka kita dapat memperoleh dan memilih sandal yang benar-benar nyaman untuk kaki kita. Hal ini tidak bisa anda lakukan bilamana anda membeli sandal gunung dengan cara online. Dengan alasan inilah saya juga lebih memilih untuk membeli langsung di toko atau conter yang menjual barang yang saya butuhkan.

Pilihlah sandal dengan bantalan yang empuk dan kuat


Cukup sulit memilih sandal gunung dengan bantalan yang empuk namun kuat, bisa diibaratkan kelenturan sebuah sandal berbanding terbalik dengan keras tidaknya bahan penyusun bantalan tersebut. Namun tidak mustahil bahan yang lentur akan memberi kekuatan lebih berkat bahan sintetis sebagai penyusun bantalan tersebut. Bila kita sering jalan-jalan di pusat perbelanjaan ataupun di emperan toko yang menjual sepatu dan sandal, maka kita akan dapat menemukan sandal gunung KW yang memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga sandal aslinya. Harga tersebut berkisar antara 75-100 ribu. Tentu akan jauh berbeda dibandingkan dengan harga asli sandal gunung yang mempunyai harga sekitar 150-250 ribuan. Namun perlu kita ketahui bersama, pada umumnya bantalan penyusun sandal tersebut lebih keras dibandingkan dengan sandal asli serta memiliki jahitan yang kurang kuat. Disini saya tidak ingin menjelekkan sandal dengan kualitas KW meskipun ada juga yang mempunyai kualitas yang bisa disamakan dengan sandal asli dengan merk yang sama.


Pastikan sandal memiliki tali webbing yang kuat 

Tali sandal atau orang lebih sering menyebutnya sebagai tali webbing merupakan salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum anda membeli sebuah sandal gunung. Tali yang kuat biasanya menggunakan tali webbing 100% polyester & menggunakan serat nylon, sehingga tali tersebut tidak mudah patah atau putus.  

Pastikan sandal yang akan anda beli memiliki jahitan yang kuat

Bila sandal gunung mengalami kerusakan, banyak orang mempermasalahkan tali webbing yang putus. Namun setelah diamati lebih teliti lagi, bukannya tali webbingnya yang putus melainkan jahitan  pengikat antara webbing dengan bantalanlah yang bermasalah, jahitan tersebut memiliki kualitas dan lem yang kurang bagus. Oleh karenanya perlu kita cermati  terutama pada bagian sudut antara tali webbing dan bantalan sandal apakah mengalami kerusakan atau tidak. 

Perhatikanlah desain sandal 


Pada umumnya sandal gunung memiliki 2 desain. Desain pertama sandal dengan model slot dan yang kedua adalah sandal yang mirip dengan sandal jepit. Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Sandal dengan model jepit saya rasa akan memberikan kenyamanan lebih, selain nyaman sandal dengan jenis ini lebih aman, dikarenakan adanya bagian yang dijepit antara jari I dan jari kedua membuatnya lebih stabil digunakan terutama  jika kita menuruni sebuah track. Kaki kita akan nyaman dan tetap berada pada posisi yang aman. Berbeda dengan jika kita menggunakan sandal dengan model slot, seringkali bagian ujung kaki akan ikut terdorong kedepan ketika melintasi medan dengan track menurun, sehingga beresiko cidera bilamana ujung jari kita terkena sebuah batu atau ranting pohon. Namun kelebihan sandal dengan model slot adalah, kita tidak perlu repot-repot menyesuaikan kaus kaki kita, karena kaus kaki sepatu bisa tetap dipakai dengan sandal yang memiliki model ini, sebaliknya sandal dengan model sandal jepit harus menggunakan kaus kaki khusus yang memiliki sekat antara jari pertama dan kedua, meskipun bila menggunakan kaus kaki biasa tetap bisa, namun hal tersebut tentunya akan terasa tidak nyaman di kaki.
sumber : eigeradventure.com 


Salah satu kekurangan jika kita memakai sandal gunung adalah, bagian ujung jari kita beresiko terkena batu atau ranting di sepanjang jalur perjalanan, oleh karenanya kita dapat meminimalisir resiko tersebut dengan menggunakan kaus kaki, meskipun hal ini tidak seberapa, namun saya rasa cara ini cukup membantu. Selain itu, saat ini beberapa produsen sandal mengeluarkan produk yang memiliki pengaman pada bagian ujung sandal, dengan adanya penutup terutama pada bagian jari, diharapkan kaki kita lebih aman terlindungi tanpa harus mengurangi kenyamanan kita mengenakan sandal gunung.

Perhatikan warna, pilihlah sesuai dengan warna kesukaan anda 

Kita akan lebih senang memakai atau merawat benda yang sesuai dengan warna favorit kita, termasuk dalam hal memilih sandal gunung. Meskipun hal tersebut bukanlah hal yang mutlak, saya menganjurkan anda memilih sandal dengan warna yang gelap karena biasanya sandal dengan warna yag terang akan berubah warna setelah lama pemakaiannya. Sandal tersebut akan terkesan lebih lusuh dibandingkan dengan sandal yang pada dasarnya memiliki warna dasar gelap sebagai contoh warna hitam dan biru tua.

Pilihlah sandal dengan penghubung antara tali webbing yang memiliki tekstur halus

penghubung yang kasar, seringkali menciderai kakikita

Umumnya sandal gunung memiliki pengubung antara tali webbing yang terbuat dari plastic yang kuat. Seringkali kita jumpai penghubung tali ini memberikan masalah yang baru. Terutama penghubung dengan tekstur kasar di bagian dalamnya. Saya sendiri pernah mengalami nyeri dan lecet pada bagian punggung telapak kaki sebelah kanan dikarenakan memakai sandal gunung yang memiliki plastik penghubung kasar dibagian dalamnya. Oleh karenanya saya mensiasati dengan menggunakan kaus kaki yang cukup tebal. 


Jangan terpaku pada brand

Membeli sandal dengan brand impor terkenal dan memiliki kesan premium, siapa sih yang tidak ingin, namun ada hal yang jauh lebih penting dibandingkan dengan sebuah prestige suatu barang. Kenyamanan serta keamanan jauh lebih penting. Brand-brand terkenal memang pada umumnya sudah teruji kualitasnya namun tidak semua orang akan nyaman mengenakan barang dengan brand tersebut, tidak sedikit pula orang yang memilih barang buatan lokal dengan kualitas yang tidak kalah dengan barang impor dan memberikan kenyamanan serta keamanan yang baik. Selain itu produk lokal memiliki harga yang cukup terjangkau dibandingkan dengan brand luar negeri. Selain itu dengan membeli produksi dalam negeri kita ikut serta memajukan perekonomian kita. Tetap bangga menggunakan produksi Indonesia.


Sebagai salah satu barang yang harus dibawa saat mendaki gunung, sandal gunung memang menjadi alas kaki favorit yang sering dipakai. Namun tentunya kita juga harus mengerti penggunaan sandal gunung ini. Untuk track dengan kesulitan ringan memang sandal gunung bisa kita gunakan, namun bila kita melakukan pendakian dengan tingkat kesulitan yang berat dan dengan jangka waktu yang lama serta jarak tempuh yang panjang, sebaiknya kita menggunakan sepatu gunung. Bagaimanapun sepatu gunung lebih safety digunakan dibandingkan dengan kita memakai sandal. Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca artikel kekurangan dan kelebihan sandal  gunung untuk mendaki gunung yang sudah saya tulis postingan sebelumnya.

Sekian tips memilih sandal gunung dari saya, saya mengharapkan masukan dari rekan-rekan pembaca sekalian yang mempunyai pengalaman menarik tentang bagaimana cara memilih sandal gunung yang tepat. Semoga bermanfaat, salam lestari.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "10 tips memilih sandal gunung, sandal outdoor untuk pendakian "