kekurangan dan kelebihan menggunakan kompor gas portable, review kompor gas portable

Untuk menunjang kegiatan mendaki gunung, selain fisik yang kuat, kegiatan ini juga memerlukan beberapa peralatan. Peralatan tersebut bisa berupa peralatan untuk navigasi, peralatan untuk keperluan komunikasi, dan juga peralatan untuk memasak. Peralatan untuk memasak seperti kompor serta nesting merupakan 25 barang yang harus dibawa saat mendaki gunung. Kecuali jika kamu mendaki gunung dengan waktu tempuh yang relatif singkat seperti melakukan pendakian gunung andong Magelang 1726 mdpl dan kamu tidak berencana bermalam di gunung tersebut tentu kamu tidak perlu repot-repot membawa peralatan memasak.

kekurangan dan kelebihan menggunakan kompor gas portable

Berbicara peralatan memasak, seperti yang telah disebutkan diatas, membawa sebuah kompor dalam melakukan pendakian memang sangat diperlukan. Apalagi kamu melakukan pendakian dalam waktu yang cukup lama dan tidak cukup dilakukan dalam waktu sehari semalam saja. Ada beberapa kompor yang biasa digunakan oleh para pendaki. Salah sarunya adalah kompor gas portable. Kompor ini menjadi pilihan favorit karena beberapa alasan. Salah satunya adalah harga kompor ini terbilang murah. Kali ini ruang pendaki akan berbagi pengalaman tentang penggunaan kompor gas portable, serta akan memberikan sedikit ulasan baik itu dari segi kekurangan dan kelebihan serta beberapa permasalahan yang dihadapi. Mari kita baca bersama.


Kelebihan kompor gas portable


Praktis 

Salah satu alasan beberapa pendaki memilih kompor gas jenis ini adalah kompor ini praktis ketika digunakan. Saya mengambil contoh kompor gas dengan jenis lipat seperti gambar diatas, hanya berukuran kurang lebih 12x13 cm ketika dilipat. Bila kompor ini dibuka tentunya akan lebih besar lagi ukuran serta panjangnya. Dengan ukuran yang cukup ringkas tentu kita tidak memerlukan space yang terlalu banyak untuk membawa kompor ini di dalam carrier. Atau dalam kata lain, kompor ini tidak memakan banyak tempat untuk penyimpanan. Untuk penyimpananya saya pribadi memasukkan ke dalam nesting TNI bersama peralatan memasak lainnya seperti korek api, sendok dan pisau.


Harga yang murah  

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, harga yang murah memang menjadi pertimbangan beberapa penggiat kegiatan outdoor untuk memilih menggunakan kompor jenis ini. Saya membeli kompor sesuai  digambarnya dengan harga kurang dari 100 ribu. Cukup murah bukan ? memang ada beberapa kompor yang harganya jauh lebih murah, yakni kompor dengan bahan bakar parafin. Namun karena beberapa alasan, penggunaan kompor dengan jenis ini mulai ditinggalkan. Salah satunya karena bahan paraffn yang semakin lama semakin susah didapatkan.


Kemudahan dalam mencari bahan bakar 

Tidak dipungkiri kini banyak toko atau supermarket yang menjual gas hi-cook bahkan di kota-kota kecil sekalipun. Sebagai contoh a*famart & i*domart, 2 supermarket ini biasa menyediakan gas ini baik untuk keperluan traveling ataupun untuk keperluan rumah tangga. Tentu hal ini akan memberikan kemudahan bagi kita dan memberikan nilai lebih penggunaan kompor dengan jenis ini. Bahkan beberapa agen menyediakan tempat isi ulang gas hi-cook dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan anda membeli gas portable dalam kondisi baru. Namun kita sebaiknya berhati-hati ketika menggunakan tabung gas yang sudah diisi ulang , karena tabung gas yang beredar di pasaran saat ini pada umumnya didesain untuk penggunaan sekali pakai saja, dan bukan untuk keperluan isi ulang. Namun ada juga tabung gas hi-cook yang bisa diisi ulang karena tabung tersebut sudah didesain dari pabrik untuk keperluan isi ulang. Namun jenis ini sangat jarang kita temui.


Mudah dalam penggunaan

kekurangan dan kelebihan menggunakan kompor gas portable

Kompor gas portable sangat mudah digunakan. Kita hanya tinggal menyambungkan gas dengan sebuah part yang ada di bagian kompor serta menekan pemantik yang biasanya sudah tersedia, kompor sudah bisa kita gunakan untuk memasak. Selain itu kelebihan lain dari kompor jenis ini, kita dapat menyesuaikan nyala api sesuai dengan kebutuhan kita. Tentu akan berbeda jika anda menggunakan kompor yang menggunakan bahan bakar parafin, dimana kompor dengan bahan bakar jenis ini, kita tidak bisa menyesuaikan nyala apinya.


Memasak lebih cepat

Pengalaman memasak menggunakan beberapa jenis kompor potable dalam sebuah pendakian. Memasak menggunakan kompor gas portable akan lebih cepat matang bila dibandingkan dengan memasak menggunakan kompor baik itu trangia ataupun kompor dengan bahan bakar parafin. Hal ini dikarenakan bilamana kita memasak menggunakan bahan bakar gas, kita dapat menyesuaikan nyala api sesuai dengan kebutuhan kita.   


Mudah dalam perawatan

Untuk perawatan kompor gas portable juga tergolong mudah. Karena biasanya kompor ini sudah dilengkapi dengan pelindung anti karat, kita tinggal membersihkannya bisa menggunakan tissue basah setelah kompor ini selesai digunakan dan dalam kondisi sudah dingin. Bagian yang seringkali mengalami kerusakan atau mengalami korosif adalah bagian atas tepatnya pada bagian penyekat antara badan kompor dan bagian sebagai tempat keluar api. Untuk mengantisipasi kerusakan yang terjadi, kita bisa menyemprotkan cairan anti karat ataupun pelumas motor. Sehingga diharapkan bagian ini tidak akan berkarat ataupun mengalami korosif. Selain itu simpanlah kompor di wadah penyimpanan yang biasa disertakan ketika pembelian, kardus kemasannya juga jangan dibuang begitu saja karena bisa digunakan sebagai penyimpanan kompor ini bilamana tidak digunakan. Pengalaman saya menggunakan kompor ini selama 3 tahun tidak mengalami masalah yang berarti, dan sampai sekarang kompor gas masih berfungsi sebagaimana mestinya. Dengan perawatan yang baik tentu gear yang kamu gunakan dapat bertahan lama serta berfungsi dengan baik bilamana kamu menggunakannya.

Tersedia dalam berbagai jenis dan ukuran

sumber : bukalapak.com

Kompor gas portable tersedia dengan berbagai jenis dan ukuran. Dari ukuran yang cukup besar sampai ukuran kecil bisa menyesuaikan dengan keperluan anda. Kompor dengan jenis ini juga bervariasi dalam segi keunggulan yang ditawarkan. Sebagai contoh kompor portable dengan dilengkapi penyekat antibadai. Dengan adanya penyekat yang menghalangi angin akan sangat membantu anda ketika memasak di tempat yang mempunyai cuaca dengan intensitas angin yang cukup kencang. Namun kompor gas dengan jenis ini tentu akan memiliki dimensi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kompor portable pada umumnya yang tidak memiliki fitur anti badai.



Kekurangan kompor gas portable

Meskipun kompor gas portable memiliki banyak keunggulan dalam beberapa hal, namun bukan berarti kompor dengan jenis ini tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa kekurangan yang biasa dikeluhkan oleh user, berikut ini kekurangan kompor gas portable.

Kompor gas rentan terjadi kecelakaan


Beberapa kecelakaan penggunaan kompor gas jenis ini terjadi karena beberapa factor baik itu dari user serta dari kondisi kompor sendiri yang mengalami masalah. Klep yang bocor seringkali terjadi dan menyebabkan beberapa insiden. Memang semua kompor mempunyai resiko, namun resiko penggunaan dari kompor gas portable memang lebih besar dibandingkan dengan kompor dari parafin ataupun kompor trangia. Hal itu dikarenakan bahan bakar dari kompor ini menggunakan gas dalam tabung bertekanan tinggi sebagai penyimpanannnya. Sehingga bilamana ada kebocoran tabung ataupun kebocoran sirkuit di dalam kompor akan sangat beresiko menciderai pemakai user bilamana hal itu terjadi saat kompor dalam kondisi menyala. Sebagai alternatifnya, anda bisa membeli kompor dengan jenis trangia, tentu dengan harga yang lebih mahal.

Sangat beresiko bila digunakan di dalam tenda

Memasak di dalam sebuah tenda memang tidak dianjurkan. Namun bilamana kondisi memaksa seperti cuaca buruk atau cuaca badai, hal ini bisa dilakukan. Kompor dengan bahan bakar gas tentu akan sangat beresiko bilamana kita gunakan di dalam tenda. Resiko tersebut berupa kebocoran gas, serta resiko panas yang dihasilkan akan merusak peralatan di dalam tenda kita, hal itu memang sangat dimungkinkan. Berbeda jika kita menggunakan kompor jenis trangia yang relatif lebih aman digunakan karena kompor ini memiliki nyala yang relatif kecil.

Demikian review saya dalam menggunakan kompor gas portable. Perlu kita ketahui bersama, setiap produk masing-masing akan memiliki kelemahan dan kelebihan. Kelemahan dan kelebihan tersebut dapat kita siasati dengan cara penggunaan yang tepat sesuai prosedur yang ada serta dengan perawatan yang tepat. Semoga artikel tentang review kompor portable, kekurangan dan kelebihan menggunakan kompor gas portable ini bermanfaat bagi anda…salam….

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "kekurangan dan kelebihan menggunakan kompor gas portable, review kompor gas portable"

  1. nanya, untuk daya tahan tabung gas portabelnya itu kira2 tahan berapa kali masak ya?

    ReplyDelete