10 lagu pendaki gunung ( lagu diperdengarkan saat turun gunung )

Lagu adalah seni atau nada suara dalam urutan suatu kombinasi dan hubungan temporal yang biasanya diiringi dengan alat music untuk membuatnya mengandung irama. Musik bersifat universal, artinya dapat diterima oleh semua kalangan tanpa ada paksaan. Bagi saya pribadi, salah satu usaha saya untuk dapat menghilangkan kejenuhan saat melakukan pendakian adalah mendengarkan lagu yang saya perdengarkan baik itu melalui handphone ataupun melalui musix box yang saya bawa. Selain berfungsi untuk menghilangkan kejenuhan, alasan lainnya adalah dengan memperdengarkan lagu yang tepat dapat merubah emosi ataupun suasana hati kita. Lagu dengan instrument musik yang tepat juga dapat membangkitkan semangat kita, menambah gairah, memunculkan perasaan positif serta dapat meningkatkan daya kerja atau usaha kita.

lagu pendaki gunung

Dengan tetap tidak mengganggu ketenangan orang lain seperti memperdengarkan lagu secara pelan ataupun menperdengarkan lagu melalui headshet. Perjalanan pulang kita menjadi lebih menyenangkan. Kita dapat memperdengarkan lagu yang bernuansa lembut, monoton dan datar. Adapun berikut, lagu- lagu yang cocok diperdengarkan ketika perjalanan pulang dari mendaki gunung versi ruang pendaki, antara lain :


Sebuah kisah klasik ( Sheila on 7 )

Bagi kamu yang tumbuh di era 90an tentu tidak asing dengan lagu ini. Lagu ini diambil dari album kedua mereka yakni “kisah klasik untuk masa depan”. Lagu ini mungkin tidak setenar Sephia ataupun sahabat sejati yang sering diputar lewat radio pada masa-masa itu. Tapi berkat kejeniusan Eros Candra dalam merangkai kata membuat lagu ini menjadi lagu wajib yang dinyanyikan saat moment perpisahan sekolah.

Bagi saya sendiri, dengan memperdengarkan lagu sebuah kisah klasik, seoalah-olah dibawa ke dimensi lain melewati batas ruang dan waktu, mengingatkan masa-masa dimana saya masih menggunakan almamater sebuah organisasi sekolah, yakni sebuah organisasi pecinta alam. Sama halnya seperti perjalanan kita bersama sahabat-sahabat tercinta menyusuri alam, berjuang melawan ego kita masing-masing, mencoba memahami diri sendiri dan orang lain. Semua akan menjadi sebuah kisah klasik yang pantas kita banggakan di masa depan. 

Ingin pulang ( Sheila on 7)

Saat-saat seperti ini, pintu tlah terkunci, lampu tlah mati ku ingin pulang tuk segera berjumpa denganmu…lagu ini cocok diperdengarkan ketika kita melakukan perjalanan pulang. Setelah bersusah payah melangkah dan sudah mencapai tujuanmu, kini kau harus bergegas mengemasi ranselmu untuk bertemu orang-orang terkasih yang telah kamu tinggalkan baik itu pacar ataupun kedua orang tuamu. Tentu orang yang mengasihimu merindukan kepulanganmu, bahkan diantaranya rela tidak memejamkan mata meskipun malam telah larut menunggu suara anaknya membuka pintu rumah dengan membawa sukacita.


Imagine ( John lenon )

Mendengarkan instrument lagu ini begitu menenangkan. Menurut salah satu majalah, lagu ini menempati urutan ketiga lagu terbaik sepanjang masa. Lagu yang dinyanyikan oleh penciptanya sendiri ini yakni John Lenon memang pada awalnya menuai banyak kecaman. Beberapa kalangan berpendapat bahwa makna dibalik kata “ and no religion too” sama artinya mengajak kita untuk meniadakan agama. Namun hal itu adalah anggapan yang kurang tepat. Makna dibalik lagu ini adalah sebuah ajakan bagi kita untuk menciptakan suasana damai tanpa adanya kekerasan dalam bentuk apapun. Termasuk kekerasan yang mengatasnamakan agama. Lagu ini juga mengajarkan kita memahami arti sebuah pluralisme, terlihat pada lirik “ Nothing kill or die for living in peace”. 

Heal the world

Lagu ini diciptakan dan dipopulerkan oleh mendiang Michael Jackson. Lagu ini penuh dengan pesan moral. Pesan pesan moral bagi kita generasi muda, generasi penerus bangsa indonesia. Heal the world mengajak kita untuk menentang segala bentuk tindakan rasis. Dalam kehidupan di dunia ini sudah banyak kejahatan terhadap ras tertentu bahkan ada suatu usaha atau tindakan yang bertujuan untuk melenyapkan suatu ras ( genosida ). 

“ make better place, for you and for me and the entire human race “

Sebagai seorang yang peduli terhadap lingkungan, tentu kita juga harus peduli terhadap kehidupan di dalamnya, menyadari bahwa Indonesia adalah bangsa yang plural, bangsa yang mempunyai keragaman, suku, budaya, dan agama. Oleh karenanya, mari kita pupuk kesadaran berbangsa hidup berbangsa, agar dapat mewariskan bumi pertiwi ini untuk generasi yang akan datang.

Donna-donna

Salah satu lagu yang menjadi soundtrack pada film Soe Hok Gie, dan merupakan lagu kesukaan dari Soe Hok Gie sendiri. Lagu ini menggambarkan teriakan anak sapi yang terkekang di atas kereta dalam perjalanannya ke tempat pembantaian. Inti dari lagu ini adalah kebebasan atau kemerdekaan yang dirampas. Pencipta lagu ini adalah seorang yahudi yang hidup pada masa Nazi jerman. Dimana pada saat ini terjadi tindakan diskriminasi terhadap suatu kelompok tertentu. Lagu ini mengandung makna yang sangat dalam, pantas bila seorang soe Hok Gie sangat menyukai lagu ini.  


Bungaku ( Boomerang )

Pembaca masih ingat dengan band ini? Boomerang sangat terkenal di tahun 90an bersamaan dengan band lainnya sepertj Jamrud dan Dewa 19. Salah satu lagunya yang masih enak di dengar sampai saat ini adalah lagu dengan judul bungaku. Lagu ini hanya mengandalkan petikan gitar pada awal lagu serta instrument chelo pada bagian tengah dan akhir, namun dengan kesederhanaan music dan suara khas sang vokalis yakni Roy menghasilkan lagu yang sangat indah dan enak di dengar. Lagu ini juga cocok di dengarkan saat perjalanan turun dari pendakian, lagu yang mengajarkan bahwa kita harus dapat menerima kenyataan dan mengajarkan kita bahwa perpisahan memang harus kita hadapi dan tidak bisa kita hindari untuk mengejar semua mimpi-mmpi yang selama ini kita cita-citakan.

Always Somewhere

Bila kamu termasuk anak angkatan 90an ke atas mungkin kamu cukup asing dengan band-band lama berirama rock ballds seperti scorpion, white lion dan beberapa diantaranya. Salah satu lagu dari scorpion yang pas didengarkan ketika perjalanan pulang selain wind of chane adalah lagu always somewhere.  Petikan gitar dan alunan music yang santai akan membuatmu tidak akan merasa jenuh menyusuri alam sekitar dalam perjalananmu kembali ke rumah. 

Mau tak mau ( Jagostu )

Mau tak mau ku harus melanjutkan yang tersisa itulah salah satu lirik lagu mau tak mau yang dinyanyikan band Jagostu yang sempat menjadi hits pada tahun 2009. Nah lagu ini cocok buat kamu yang gagal mencapai puncak yang pada awal perjalanan sangat terobsesi ingin mencapai puncak. Seringkali kita dituntut harus bisa berdamai dengan keadaan, dan menunda segala keinginan kita.


Ruang Rindu ( letto )

Kata-kata indah dirangkai dengan music yang sederhana dan bahasa yang mudah dimengerti membuat lagu ini mudah dinyanyikan oleh orang yang pertama mendengarnya. Melalui ruang rindu kamu akan tau bahwa selama kamu pergi berpetualang ada  orang-orang yang rindu akan kehadiranmu dan sangat menunggu kepulanganmu. Lagu ruang rindu sangat cocok diperdengarkan bagi kamu yang jauh dari seorang yang istimewa di kehidupanmu.

Never say Godbye ( Bon Jovi )

Bila anda mengira lagi ini bercerita tentang percintaan maka anggapan anda kurang tepat, lagu ini menceritakan tentang persahabatan. Kebayangkan bila event mendaki yang kamu lakukan bersama dengan teman lamamu yang sudah lama tidak jumpa dan di akhir pendakian kalian harus berpisah dalam waktu yang cukup lama, bahkan kalian sendiri tidak mengetahui kapan lagi bisa bertemu. Lagu ini cocok menggambarkan keadaan itu.       

Itulah tadi 10 lagu yang cocok diperdengarkan ketika kamu sedang melakukan perjalanan turun gunung. Tetap jaga kenyamanan orang lain dengan tidak membuat mereka terganggu dengan lagu-lagu yang kamu perdengarkan dengan menggunakan headshet untuk mendengarkannya. Namun kamu juga harus tetap berhati-hati terutama saat berjalan sambil mendengarkan lagu. Tetap fokus dengan mengikuti jalur yang disediakan dan berjalan beriringan tidak jauh dari anggota kelompokmu. Semoga artikel mengenai lagu pendaki gunung ini bermanfaat.   

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 lagu pendaki gunung ( lagu diperdengarkan saat turun gunung ) "

Post a Comment