7 alasan mengapa gunung prau jawa tengah cocok untuk pendaki pemula

Gunung Prau. Siapa yang tidak mengetahui gunung Prau Jawa Tengah?. Gunung yang terletak di perbatasan diantara kabupaten Wonosobo dengan kebupaten Batang ini menjadi salah satu tujuan pendakian terutama di Jawa Tengah. Puncak gunung ini berada pada ketinggian 2565 mdpl dan memiliki beberapa keunikan, salah satunya adalah, pengunjung atau lebih tepatnya penikmat alam yang berkunung di tempat ini akan dapat melihat puncak yang konon mirip dengan  bukit telletubies. Gunung ini juga termasuk 7 gunung di Jawa tengah untuk pendaki pemula, ingin tau alasannya ? mari kita baca bersama.  

7 alasan gunung prau jawa tengah cocok untuk pendaki pemula


Memiliki track yang cukup mudah

Tidak seperti gunung-gunung di wilayah di Jawa Tengah lainnya, sebagai contoh gunung Sumbing ataupun gunung Sindoro. Track untuk menuju puncak gunung Prau termasuk mudah dilalui, dalam artian tidak terlalu menguras tenaga. Jika kamu mendaki gunung Prau kamu akan melewati beberapa pos, nah jalur dari pos satu ke pos lainnya tidak terlalu menanjak. Jika dibandingkan dengan jalur menuju puncak Merbabu ataupun Merapi tentu jalur untuk menuju ke puncak Prau akan terasa lebih ringan. Selain itu track yang cukup mudah dilalui, sepanjang track yang kamu lewati, kamu akan dapat menemukan banyak bonus ( tempat untuk beristirahat ). Jadi bila sudah dirasa terlalu capek berjalan, kami dapat beristirahat di sepanjang jalur pendakian untuk sekedar mengatur nafas ataupun makan perbekalan yang kamu bawa dari rumah.


Memiliki basecamp yang mudah diakses

Untuk menuju ke puncak gunung Prau, kamu dapat melewati beberapa basecamp, diantaranya adalah basecamp melalui Dieng, Batang dan yang terakhir adalah via pathak Banteng. Untuk menuju ke basecamp pendakian, kamu juga tidak perlu bersusah payah mencarinya. 2 basecamp letaknya berdekatan, yaki basecamp pendakian gunung Prau via Dieng dan pendakian Prau via Pathak Banteng. Jaraknya kurang lebih 1,5 km. Basecamp ini terletak tidak jauh dari jalan raya Wonosobo-Dieng. Untuk dapat menuju ke basecam ini, kamu dapat mengendarai kendaraan pribadi ataupun menggunakan transportasi umum, yakni bus jurusan Wonosobo-Dieng. 

   
Untuk menuju ke puncak tidak memerlukan waktu yang lama

Selain memiliki track yang mudah, untuk dapat mencapai ke puncak Prau kamu juga tidak memerlukan waktu yang lama. Bila kamu melakukan pendakian dengan kecepatan sedang kamu bisa mencapai puncak prau kurang lebih 5-6 jam perjalanan. Hal itu sudah dihitung dengan beristirahat lhoh. Apabila kamu melakukan pendakian pada pagi hari, waktu 5-6 jam tidak akan terasa lama, karena di sepanjang perjalanan kamu dapat melihat pemandangan yang elok, yakni pemandangan dataran tinggi dieng dengan beberapa wisata menarik di sekitarnya. Kamu juga dapat melihat aktifitas penduduk sekitar yang rata-rata bermata pencaharian sebagai petani. 

Memiliki area yang luas untuk mendirikan tenda

Di puncak Prau kamu akan menemui area yang sangat luas sebagai tempatmu mendirikan tenda. Di bagian barat bukit tellutubies, di bagian selatan dan di bagian tenggara semuanya adalah tempat yang ideal. Namun bila kamu ingin mendapatkan pemandangan sunrise yang menawan kamu dapat mendirikan tenda di bagian sisi sebelah selatan bukit telletubies, karena pada area ini berhadapan langsung  dengan gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang dengan gagahnya berdiri dan menyapamu dari kejauhan dengan puncaknya yang menjulang dan nampak lebih tinggi dari tempatmu berpijak. 

Memiliki pemandangan yang indah di puncaknya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di puncak gunung Prau kamu akan dapat panorama yang indah. Beberapa puncak gunung di area Jawa Tengah dapat terlihat di puncak Prau, diantaranya : gunung Sindoro, gunung Sumbing, Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Pemandangan yang paling bagus adalah pemandangan saat sunrise. Banyak pendaki yang menantikan datangnya pagi, melihat cahaya keemasan dari ujung timur bumi pertiwi. Beberapa panorama menarik lainnya juga bisa kamu dapat di puncak Prau, seperti bukit telletubies yang menjadi spot menarik sebagai background tempatmu untuk berfoto. 

7 alasan gunung prau jawa tengah cocok untuk pendaki pemula


Selain itu juga terdapat bunga daisi yang banyak tumbuh terutama pada bukit telletubies serta beberapa area di bagian barat dan utara dari camping ground. Bunga dengan ukuran kecil dan memiliki beberapa warna ini ada yang tumbuh dengan sendiri dan beberapa lagi ditanam oleh warga sekitar, para relawan ataupun pihak pengelola. Ingat ya cukup dilihat saja, kita tidak boleh memetik, merusak ataupun membawanya pulang. Jadilah penikmat alam yang bijak dengan tidak merusak alam sekitar kita. Kamu juga dapat melihat beberapa obyek wisata yang berada di kawasan dataran tinggi dieng. Diantaranya : Telaga warna, Candi Arjuna dan Kawah belerang yang terlihat mengepul dengan asap putihnya yang membumbung tinggi.

Puncak gunung yang terjangkau sinyal beberapa provider

Percaya tidak percaya, di puncak gunung Prau, kamu juga masih dapat berkomunikasi baik itu dengan rekan maupun dengan keluargamu melalui handphone yang kamu bawa. Beberapa area di puncak terjangkau sinyal hp. Area tersebut adalah area di sebelah barat puncak dan sebelah utara bagian camping ground. Bahkan saya mendapatkan sinyal full HSDPA dengan menggunakan provider S*mpati. Admin dalam hal ini tidak bermaksud promosi provider tertentu, namun hanya bermaksud berbagi pengalaman yang telah admin alami ketika melakukan pendakian gunung Prau via pos pendakian pathak Banteng  


Memiliki beberapa tempat untuk ngadem setelah kegiatan pendakian selesai

Bagi kamu yang jauh-jauh dari luar kota, tentu kamu tidak mau melewatkan kesempatan mengunjungi beberapa obyek wisata menarik di kawasan dataran tinggi Dieng, candi Arjuna, kawah belerang, telaga warna dan beberapa obyek wisata menarik lainnya patut kamu kunjungi selain gunung Prau yang menjadi tujuan utamamu. Kamu dapat menuju ke telaga warna dan beristirahat disana sambil melihat indahnya telaga yang memiliki pemandangan sekitar yang masih cukup asri. Selain itu kamu juga dapat mengunjungi kawah belerang dan mengambil spot menarik dengan background asap putih yang mengepul.  

Itulah tadi 7 alasan mengapa gunung prau jawa tengah menjadi gunung yang cocok untuk pendaki pemula. Jadilah pendaki yang bijaksana dengan tetap menjaga kelestarian alam salah satunya tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak alam. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam.  

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 alasan mengapa gunung prau jawa tengah cocok untuk pendaki pemula"

Post a Comment