makanan yang sebaiknya dibawa saat mendaki gunung

Apakah kamu suka mendaki gunung? Jika kamu menyukai kegiatan ini selain peralatan yang memadai tentu kamu juga harus membawa makanan atau logistik yang berfungsi untuk mencukupi nutrisimu selama melakukan perjalanan. Seringkali pendaki khususnya pendaki pemula hanya membawa mie instan ditambah dengan beberapa makanan ringan sebagai perbekalan mereka, hal ini kurang tepat dan kebiasaan ini harus dirubah. Mendaki gunung lebih banyak membutuhkan energi dibandingkan dengan aktifitas biasa, jika pada aktifitas biasa saja kita makan nasi selama 3x  untuk mendaki gunung tentu harus memerlukan kalori yang lebih banyak lagi.

makanan yang sebaiknya dibawa saat mendaki gunung

Dalam mempersiapkan perbekalan yang akan dibawa selama perjalanan, ada beberapa pertimbangan dalam memilih makanan. Selain mempertimbangkan kecukupan energi dan kebutuhan air kemudahan dalam mengolah makanan juga harus kamu pikirkan. Ikuti tips berikut untuk memastikan kamu membawa makanan yang tepat yang bisa mencukupi kebutuhan nutrisimu selama melakukan perjalanan di gunung yang menjadi tujuan pendakianmu.

Roti

makanan roti untuk mendaki

Selain mie instan kamu dapat membawa makanan yang mengandung cukup kalori dan memberikan rasa kenyang. Beberapa roti yang terbuat dari gandum dapat menjadi alternatif pilihanmu. Kamu dapat membawa beberapa roti yang bisa kamu makan selama di perjalanan saat kondisi istirahat. Bawalah roti dengan ukuran sedang sehingga tidak menyulitkan anda untuk dapat memakannya. Membawa roti ukuran besar memang tidak salah, namun hal itu justru akan menyulitkan kita. Roti dengan ukuran besar dapat kamu bawa dan dapat kamu makan saat kamu sudah “ngecamp” sebagai menu sarapan pagi. Kamu bisa menambahkan selai atau keju ke dalam roti yang kamu bawa ataupun menambahkan irisan tomat atau mentimun sebagai pelengkap agar roti menjadi tambah nikmat ketika dimakan. 


Nasi

Selain roti kamu juga bisa membawa nasi, nasi pasti admin bawa setiap melakukan pendakian. Nasi lebih baik disimpan dalam kotak nasi dan bukan dibungkus. Dari beberapa bekal, nasi dapat kamu makan paling awal karena nasi tersebut akan basi bila disimpan terlalu lama. Untuk penyimpanannya pun jangan asal ya, nasi dalam kondisi panas harus didiamkan terlebih dahulu sampai kondisi benar-benar dingin, selanjutnya dapat kamu tutup dan jangan kamu campur dengan beberapa logistik lain di dalamnya termasuk lauk pauk. Cara penyimpanannya, kamu dapat memisahkan nasi dengan lauk pauk apalagi sayur berkuah. Kamu juga dapat membawa beras lhoh untuk dimasak dan dipadukan beberapa makanan lainnya yang kamu bawa, kamu dapat memasak beras dengan nesting dan dengan kompor portable. Dengan beras atau nasi maka kebutuhan karbohidratmu selama di perjalanan akan tercukupi karena pada umumnya orang Indonesia mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat yang utama.

Mie instan

Mie instan adalah makanan yang sebaiknya kita bawa saat mendaki gunung. selain dapat dengan mudah kita olah, mie instan juga mudah kita dapatkan. Namun sebaiknya jangan terlalu banyak makan mie instan selama melakukan pendakian. Kamu dapat menambahkan nasi di dalamnya. jangan lupa untuk membawa bungkus mie instan ketika perjalanan pulang atau turun gunung. 

Umbi umbian

Umbi umbian seperti ketela pohon juga bisa kamu bawa ketika mendaki gunung. Kamu bisa memasaknya di rumah dan membawanya setelah kondisinya dingin. Umbi umbian mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi dan mempunyai efek mengenyangkan. Bila memakan nasi akan menyulitkanmu, kamu bisa mengkonsumsi umbi yang telah kamu masak sebelumnya. Untuk menambah rasa kamu bisa menambahkan susu atau cokelat di dalamnya. 

Cokelat

cokelat dibawa saat mendaki gunung

Siapa yang tidak tau cokelat? Siapa yang tidak suka cokelat? Kamu tidak suka? saya tidak yakin kalau kamu tidak suka bahan makanan yang satu ini. Cokelat disini cokelat makanan ya bukan Cowok Kelaten. Coklat dapat kamu masukkan dalam daftar makanan yang dibawa saat mendai gunung. Alasannya adalah, cokelat mudah untuk dikonsumsi, yang kedua cokelat mengandung cukup banyak glucose yang dapat dengan mudah dirubah menjadi kalori, yang ketiga fakta menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi coklat akan memberikan efek kenyang yang lebih lama, selain itu cokelat mempunyai zat yang bernama anandamide yang membuat otak bekerja lebih tenang hampir sama dengan ganja, dan yang terakhir cokelat dapat membuatmu lebih bahagia karena di dalamnya mengandung zat phenethylamine, zat tersebut mampu menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin adalah hormon yang bisa membuat seseorang merasa bahagia, seperti saat sedang jatuh cinta. Dhasyat bukan? Menurut penelitan kebahagiaan mengkonsumsi coklat akan bertambah apabila cokelat yang kamu makan adalah cokelat gratis pemberian dari temanmu.  

Madu

Madu juga sebaiknya kamu bawa ketika mendaki gunung. Saat ini madu banyak dijual dalam kemasan sachet dan sangat praktis dibawa bahkan tas yang kecil sekalipun.  Madu merupakan salah satu sumber energi wajib yang saya bawa dalam tas kecil dan biasanya saya gunakan saat summit attack. Madu sangat bermanfaat untuk menambah stamina tubuh. Tidak heran khan jika beberapa minuman berenergi memberikan madu di dalam setiap kemasannya, meskipun dosisnya sangatlah sedikit.

Kurma

Siapa yang tidak suka dengan makanan asli Timur Tengah yang satu ini. Tidak hanya dimakan pada saat bulan puasa saja ya. Mengkonsumsinya saat melakukan pendakian juga sangat dianjurkan. Kurma memiliki kandungan nutrisi yang banyak misalnya thiamin, niasin, folat, riboflavin. Dengan mengkonsumsi 100 gram buah kurma segar kamu dapat memenuhi kebutuhan energi harian hingga 12 hingga 15 persen. Jika kamu mengkonsumsi kurma kering, kandungan antioksidannya menjadi berkurang. Kurma merupakan sumber energi instan yang bisa kamu konsumsi selama melakukan perjalanan.

Ampyang

Saya tidak tau makanan ini di tempat kalian bernama apa, yang jelas di wilayah Solo, Yogya, Klaten dan sebagian wilayah Jawa Tengah, makanan bertekstur kasar dengan bartaburan kacang tanah melekat erat pada endapan gula jawa  di bawahnya ini bernama ampyang, makanan favorit admin saat mendaki gunung. Ampyang merupakan makanan wajib yang selalu dibawa, bukan lain karena makanan ini terbuat dari gula serta rempah-rempah ( jahe ) yang berkhasiat menghangatkan badan kita dikala udara dingin menghampiri kita. Beberapa orang menyarankan membawa alkohol untuk menghangatkan badan kita selama melakukan perjalana, hal ini adalah tindakan yang kurang tepat. Mengapa kita tidak boleh minum atau mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung alkohol selama perjalannan mendaki gunung ? jawabannya di akhir artikel….  

Bawalah permen

makanan yang sebaiknya dibawa saat mendaki gunung

Mengapa harus membawa permen? Pada umumnya permen mengandung banyak gula atau glucose, zat jenis ini mampu dirubah secara cepat oleh tubuh untuk menghasilkan kalori dan pada akhirnya menjadi energi. Permen sangat mudah dibawa dan tahan terhadap kondisi baik itu panas maupun kondisi dingin. Kamu dapat menyimpan permen pada saku jaket atau celanamu sehingga mudah dalam mengambilnya. Kamu dapat membawa permen dengan berbagai pilihan rasa. Permen jahe misalnya, permen asli dari Indonesia ini cocok kamu konsumsi ketika melakukan pendakian pada malam hari. Permen jahe mempunyai khasiat menghangatkan badanmu ketika berada di lingkungan yang dingin. Selain membawa permen jahe kamu juga dapat membawa permen karet atau permen dengan rasa mint. Permen karet dapat membantu membersihkan gigi serta mencegah bau nafas. Manfaat itu juga bisa kamu dapatkan ketika mengkonsumsi permen dengan rasa mints. Kebayang bukan bau nafasmu ketika kamu sedang gunung, apalagi saat bangun tidur. Cara yang telah admin sebutkan dapat kamu coba untuk mengatasi bau nafas yang kurang sedap

Buah segar

makanan yang sebaiknya dibawa saat mendaki gunung

Dengan mendaki gunung bukan berarti melarang anda untuk makan buah bukan? Anda dapat membawa buah seperti apel atau pisang. Jang an membawa buah yang terlalu masam untuk dikonsumsi selama perjalanan apalagi kamu mempunyai riwayat sakit maag, selain itu buah yang masam akan beresiko meningkatkan asam lambung kita hal itu dikarenakan pola makan kita berubah ditambah lagi dengan aktifitas fisik yang menguras tenaga. Pisang dan apel adalah buah yang mengandung cukup banyak karbohidrat alami dibandingkan dengan buah yang lainnya. Untuk mengkonsumsinya anda juga tidak akan menemui kesulitan. Buah juga wajib dibawa untuk mencukupi kebutuhan vitamin harianmu. Selain praktis dibawa, sampah yang dihasilkannya pun dapat membusuk sehingga tidak mencemari lingkungan.

Sereal

Sebagai tambahan sumber karbohidrat kamu dapat membawa sereal setiap kali mendaki gunung. Makanan ini selain praktis juga memiliki rasa yang enak. Kamu dapat membawa beberapa bungkus sereal yang bisa kamu makan ketika bangun tidur sambil menunggu makanan utama atau makanan pokok yang sedang kamu masak matang. 

Lauk pauk kering

Rasanya tidak afdol jika makan nasi tanpa disertai dengan lauk pauk. Nah kendala yang seringkali kita alami ketika naik gunung adalah makanan yang kita bawa atau kita persiapkan dari rumah akan basi di perjalanan sebelum kita memakannya. Lauk yang kita bawa seringkali kita buang begitu saja karena sudah terlanjur basi dan akan sangat beresiko menimbulkan masalah kesehatan bila kita tetap memakannya. Hal itu terjadi karena beberapa hal, salah satu penyebabnya adalah lauk pauk yang kita bawa dari rumah berjenis lauk pauk yang berminyak serta dimasak dalam rentang yang cukup lama dengan proses packing, hal ini ditambah lagi dengan proses penyimpanan yang kurang baik selama di perjalanan. 

Untuk mensiasati hal ini kamu bisa membawa lauk yang bisa awet ketika disimpan dalam waktu yang lama. Beberapa lauk yang dapat tahan lama disimpan diantaranya : telur asin, kering tempe, keripik temped an beberapa jenis ikan asin. Khusus untuk telur, kamu juga bisa membawa telur dalam keadaan mentah untuk dimasak ketika sudah sampai di tempatmu mendirikan tenda. Kamu dapat membawa dan memasukkan beberapa telur di kotak telur yang saat ini banyak dijual di toko perlengkapan camping.  

Sarden

Salah satu menu wajib yang sebaiknya kamu bawa saat mendaki gunung adalah sarden. Selain memiliki rasa yang enak makanan ini juga mudah di dapat serta mudah dalam memasaknya. Tinggal membuka dan memanaskan sebentar sarden yang kamu bawa dicampur dengan nasi dan mie goreng serta beberapa irisan mentimun serta tomat. Dijamin makan siangmu akan sangat nikmat. Belum lagi apabila dimakan bersama dengan rekan-rekanmu setelah selesai melakukan perjalanan dari puncak, membuat suasana dan makanan yang kamu makan akan jauh lebih enak. Ada yang perlu diperhatikan ketika kamu membawa sarden ketika mendaki gunung. Bawalah kaleng pembungkus sardenmu turun, karena banyak dijumpai sampah-sampah baik itu kaleng sarden ataupun kaleng atau lebih tepatnya tabung gas hii-cock yang berserakan di kawasan yang biasanya digunakan sebagai tempat untuk mendirikan tenda. Sampah itu sampai ratusan tahun tidak akan bisa hancur. Oleh karenanya mari kita menjaga kelestarian alam terutama kawasan pegunungan agar tetap asri dan lestari serta bebas dari sampah untuk kebaikan kita dan kebaikan anak cucu kita dimasa yang akan datang.   

Nugget

Sebagai pelengkap nasi atau mie instan yang kamu bawa, kamu juga membawa nugget sebagai sumber protein. Rasanya yang enak dan disukai banyak orang menjadikan nugget sebagai pilihan lauk pauk favorit para pendaki. Untuk memasak makanan jenis ini memang agak sedikit susah karena harus membawa minyak goreng. Selain nugget kamu juga bisa membawa sosis. Sosis sangat praktis dan hyegenis untuk dimakan selama pendakian. Bisa dimakan langsung ataupun dicampur dengan mie instan.
 

Minuman

Ketika mendaki gunung, selain membawa makanan, kamu juga harus membawa minuman. Minuman yang kamu bawa ketika mendaki gunung bisa berupa air putih biasa atau minuman berisotonik. Kamu juga bisa membawa minuman lain misalkan kopi, susu, kopisusu, ataupun minuman yang dapat menghangatkan tubuhmu ( minuman jahe, sekoteng dll ). Sebaiknya jangan mengkonsumsi minuman berenergi ketika mendaki gunung. Bila kamu kelelahan cukup minum minuman yang mengandung isotonic. Minum minuman berenergi dapat memberatkan fungsi ginjal, dan bila terlalu banyak mengkonsumsinya justru akan menimbulkan masalah kesehatan.

Sebaiknya kita tidak mengkonsumsi alkohol ketika mendakigunung
Itulah tadi beberapa makanan yang bisa kamu bawa ketika mendaki gunung. Ada beberapa jenis makanan atau minuman yang sebaiknya tidak kamu bawa ketika mendaki gunung. Salah satunya adalah minuman beralkohol. Mengapa jenis minuman ini tidak dianjurkan kita konsumsi ketika kita berada di gunung ? Dengan minum minuman beralkohol kerja jantung akan meningkat serta dapat menimbulkan gangguan koordinasi tubuh, akibatnya bisa menimbulkan perilaku yang tidak terkontrol. Bisa kamu bayangkan bila hal itu terjadi ketika dirimu atau rekanmu berada pada daerah yang curam dan disekelilingnya terdapat jurang yang dalam? Nah bila kamu menginginkan minuman yang mempunyai khasiat menghangatka tubuhmu, kamu bisa minum minuman yang terbuat dari rempah-rempah misalkan jahe atau sereh yang sudah saya sebutkan di atas.   


Itulah makanan yang sebaiknya kita bawa ketika mendaki gunung, semoga artikel ini bermanfaat. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "makanan yang sebaiknya dibawa saat mendaki gunung"

Post a Comment