8 gunung tertinggi di Eropa, mana yang paling sulit didaki?

8 gunung tertinggi di Eropa. Berbicara tentang gunung tertinggi di setiap benua memang sangat menarik untuk kita simak. Tiap gunung di berbagai benua memiliki lanscape dan ciri khas tersendiri yang membedakan antara benua satu dengan benua yang lain. Kali ini ruang pendaki akan berbagi sedikit informasi mengenai 8 gunung tertinggi di Eropa yang berhasil kami rangkum dari beberapa sumber.



Benua Eropa merupakan perpanjangan dari benua Asia dan merupakan benua terkecil kedua di dunia setelah benua Australia. Pegunungan Ural dan laut Kaspia adalah batas alam yang menjadi pemisah antara benua Asia dan Eropa. Benua yang terdiri dari 50 negara ini ( 13 diantaranya masih disengketakan ) memiliki keanekaragaman bentang alam. Salah satu bentang alam yang ada di benua ini adalah gunung atau pegunungan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa gunung Elbrus di Rusia merupakan gunung tertinggi di daratan Eropa, namun terdapat pula sumber yang menyebutkan bahwa gunung ini tidak sepenuhnya di benua Eropa melainkan berbatasan dengan benua Asia. Memang kita mengenal negara Rusia ( negara lokasi gunung Elbrus ) terletak di 2 benua, yakni benua Asia dan benua Eropa. Oleh karenanya  kami tidak memasukkan gunung Elbrus sebagai gunung tertinggi di Eropa. Berikut ini adalah 8 daftar gunung tertinggi di Eropa yang kami urutkan dari yang memiliki puncak paling tinggi.


1.Mount Blanc ( Prancis-Italy ) 4,810 MDPL

gunung tertinggi di eropa

Gunung tertinggi di benua Eropa yang pertama adalah gunung Mount Blanc. Gunung ini terletak di perbatasan 2 negara yakni negara Prancis dan Italy. Mount Blanc sering juga disebut sebagai “gunung putih” karena permukaan salju yang menutupi sebagian wilayah permukaannya. Gunung ini cukup populer bagi kalangan pecinta olahraga skiiers dan snowboarders. Selain digunakan sebagai tempat olahraga sky, gunung Mount Blanc juga sangat terkenal bagi para pendaki gunung yang ingin berpetualang mencapai puncaknya. Tercatat usaha pendakian pertama adalah di tahun 1786 sebagai pioneer kegiatan pendakian selanjutnya. Hingga sekarang tidak kurang 20.000 orang  setiap tahunnya mendaki gunung yang  sebagian wilayahnya masih menjadi sengketa diantara 2 negara ini.

2.Monte Rosa ( Swiss ) 4.634 MDPL

gunung tertinggi di eropa

Gunung tertinggi no 2 di Benua Eropa adalah gunung Monte Rosa. Gunung Monte Rosa berada di negara Swiss dan memiliki ketinggian 4.634 mdpl. Dilansir dari beberapa sumber gunung Monte Rosa memiliki setidaknya 10 puncak gunung, yakni Dunantspitze (Ostspitze), Dufourspitze, Grenzgipfel, Ludwigshohe, Nordend, Parrotspitze, Schwarzhorn, Signalkuppe, Vincent Pyramid, dan Zumsteinspitze. Pendakian pertama untuk mencapai puncak dari gunung Monte Rosa dilakukan tepatnya pada 1 Agustus 1855 oleh tim yang dipimpin oleh Charles Hudson dan telah berhasil puncak tertinggi dengan ketinggian 4.634 mdpl.


3.Zumsteinspitze ( Italy – Swiss ) 4.563 MDPL

gunung tertinggi di eropa


Gunung Zumsteinspitze menempati gunung tertinggi no 3 di daratan benua Eropa. Gunung ini masuk dalam perbatasan antara negara Itali dan negara Swiss. Gunung ini merupakan bagian dari pegunungan Monte Rosa yang telah saya sebutkan diatas dan merupakan salah satu dari 10 puncak gunung Monte Rosa. Pendakian pertama dalam usaha mencapai puncak dari gunung ini dilakukan pada bulan Agustus tahun 1820 oleh Niklaus Vincent, Joseph Zumstein, Molinatti, Castel dan beberapa kuli yang tidak diketahui namanya. Dalam ekspedisinya mereka beranggapan bahwa mereka telah mencapai puncak dari gunung Monte Rosa, sampai akhirnya mereka sadar bahwa mereka tidak berada di puncak tertinggi. 

Pendakian-pendakian setelah ekspedisi Niklaus Vincent masih tetap dilakukan dan barulah pada 30 Maret 1902, pendakian musim dingin pertama dilakukan oleh E. Allegra. Nama Zumstein diambil dari nama seorang polisi hutan dari anggota dari Royal Society yang bersal dari kota Turin Italy.

4. Signalkuppe ( Italy – Swiss ) 4,554 MDPL

gunung tertinggi di eropa


Gunung Signalkuppe atau dalam bahasa Jerman diucapkan (yall-koo-pay ) atau dalam bahasa Italy dikenal sebagai Punta Gnifetti merupakan salah satu puncak dari pegunungan Alpen yang terletak di negara Italy dan Swiss. Pendakian gunung ini pertama kalinya dilakukan oleh Giovanni Gnifetti dan pastor paroki dari daerah Alagna Valsesia. Pastor tersebut melakukan pendakian bersama-sama dengan J. Farinetti, C. Ferraris, C. Grober, J. dan G. Giordiano dan porter mereka pada 9 Agustus 1842.

Keistimewaan dari gunung Signalkuppe adalah, di puncak gunung ini terdapat sebuah pemondokan yang menjadikannya pemondokan paling tinggi di daratan Eropa. Pondokan tersebut bernama Margherita Hut. Nama dari pondokan tersebut diberikan langsung oleh Permaisuri Margherita dari Savoy. Pembuatan pondokan tersebut berlangsung selama 3 tahun, dimulai dari tahun 1890 dan selesai pengerjaannya pada taun 1893.

5. Dom ( Swiss ) 4,545 MDPL

gunung tertinggi di eropa


Gunung Dom menempati urutan kelima puncak tertinggi di benua Eropa. Dom montain terletak di negara Swiss dan memiliki ketinggian 4,545 mdpl. Puncak Dom merupakan gunung tertinggi ketiga di pegunungan Alpen dan gunung tertinggi kedua di negara Swiss setelah Monte Rosa. Gunung Dom memiliki keistimewaan yang berada pada beberapa track pendakiannya. Para pendaki harus menempuh perjalan kurang lebih 3.100 meter secara vertikal dari tempat parkir ke puncak, hal ini menjadikan Dom sebagai gunung dengan kenaikan atau jalur vertikal tertinggi di pegunungan Alpen.  
Usaha pendakian pertama dilakukan oleh seorang pendeta yang bernama John Llewelyn-Davies dengan bantuan dari Johann Zumtaugwald, Johann Kronig dan Hieronymous Brantschen. Hal itu dilakukan pada tanggal 11 September 1858. 


6. Limskamm (Swiss-Italy ) 4.538 MDPL

gunung tertinggi di eropa


Gunung tertinggi di Eropa keenam adalah gunung Limskamm. Gunung Limskamm terletak di perbatasan Swiss dan negara Italy. Gunung Limskamm terkenal dengan tracknya yang panjang dan curam. Track yang mirip dengan sebuah jalan setapak diatas bukit dengan panjang kurang lebih 5 km harus kamu lalui sebelum mencapai puncaknya. Hampir setiap harinya ada pendaki yang terjatuh ketika melintasi track dengan ketinggian 3.000 meter di atas permukaan air laut ini. Bahkan tidak jarang kecelakaan yang terjadi berujung pada kematian. Para pendaki biasanya terjatuh dan terperosok jauh di medan bersalju di sepanjang punggung bukit. Kecelakaan paling banyak terjadi pada pertengahan abad ke 19. Kurangnya pengetahuan oleh para pendaki dan ketidakmampuan menguasai medan pendakian menjadikan pendakian gunung Limskamm menelan banyak korban. Oleh karena sering terjadi kecelakaan di tempat ini, penduduk sekitar menyebut jalur ini sebagai "Man-eater".  Jadi pikir-pikir dulu ya kalo mau mendaki gunung ini.

7. Weisshorn  ( Swiss ) 4,506 MDPL

gunung tertinggi di eropa

Gunung tertinggi di Eropa ketujuh dan terpopuler adalah gunung Matterhorn. Gunung ini memiliki tinggi 4.506 mdpl dan berlokasi sama dengan gunung-gunung sebelumnya yakni di negara Swiss. Pendakian pertama untuk mencapai puncak gunung ini tercatat pada bulan Agustus tahun 1861 oleh John Tyndall, Johann Joseph Benet dan Ulrich Wenger melalui jalur di sisi sebelah timur. Sekarang jalur ini merupakan jalur yang sering dilalui oleh para pendaki yang ingin ke puncak gunung Weisshorn. Di jalur pendakian ini terdapat sebuah pondokan atau basecamp yang mempunyai nama yang sama dengan puncaknya yakni pondokan “Weisshorn. Pondokan ini telah berusia lebih dari 111 tahun. 

8. Taschhorn ( Swiss-Italy ) 4491 MDPL

gunung tertinggi di eropa


Sama halnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya, gunung Taschhorn terletak di perbatasan dua negara, yakni negara Italy dan negara Swiss. Gunung ini masih dalam rangkaian pegunungan Alpen tepatnya berada di sisi sebelah selatan Dom masuk dalam daerah Mischabel. Pendakian pertama dilakukan pada 30 Juli 1862, dilakukan oleh Rev. John Llewelyn-Davies dan Pendeta J. W. Hayward dengan panduan Stefan dan Johann Zumtaugwald serta Peter-Josef Summermatter. 

Itulah tadi 8 gunung tertinggi di Eropa. Bila kita cermati kebanyakan gunung tersebut berada di negara Swiss. Hal ini dimungkinkan negara Swiss dahulu mempunyai aktifitas pergerakan lempeng tektonik yang hampir sama dengan pulau Jawa dimana di pulau ini banyak sekali kita jumpai gunung baik yang masih aktif maupun sudah mati. Sekian informasi yang bisa ksmi sampaikan, semoga bisa menambah wawasan pembaca. Tetap jaga kelestarian alam kita untuk generasi mendatang yang jauh lebih baik. Salam. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 gunung tertinggi di Eropa, mana yang paling sulit didaki?"

Post a Comment