jalur pendakian gunung butak via Sirah Kencong, jalur resmi yang direkomendasikan

Jalur pendakian gunung Butak via Sirah Kencong. Gunung Butak merupakan salah satu gunung yang masih dalam gugusan Pegunungan Putri Tidur. Gunung ini masuk dalam 15 Gunung di Jawa Timur untuk referensi pendakian. Secara adminidtratif gunung Butak berlokasi di wilayah Kabupaten Blitar, dan terletak di perbatasan antara Kabupaten Blitar dan Kabupaten Malang Propinsi Jawa Timur. Aktifitas pendakian ke gunung Butak memang tidak seramai dan sepopuler dengan kegiatan terhadap gunung lainnya terutama di wilayah Jawa Timur. Namun meskipun tidak setenar gunung-gunung lainnya yang memiliki ketinggian yang lebih dari gunung Butak, bukan berarti gunung Butak tidak layak kamu kunjungi atau kamu daki. Gunung Butak yang memiliki ketinggian 2.868 MDPL ini menyuguhkan panorama yang tidak kalah indah dan masih sangat alami. 

jalur pendakian gunung butak via Sirah Kencong

Jalur pendakian gunung Butak

Untuk dapat mencapai puncak dari gunung Butak maka para pendaki dapat memilih jalur pendakian yang ada. Terdapat setidaknya 4 jalur pendakian yang tersebar dalam beberapa wilayah yang berbeda. Adapun jalur pendakian gunung Butak yang berhasil kami rangkum diantaranya :
  1. Jalur pendakian gunung Butak via Panderman
  2. Jalur pendakian gunung Butak via Gadingkulon
  3. Jalur pendakian gunung Butak via Wonosari  
  4. Jalur pendakian gunung Butak via Sirah Kencong
Dari keempat jalur pendakian yang ada salah satu jalur pendakian yang kami rekomendasikan untuk dilalui pendaki adalah Jalur pendakian gunung Butak via Sirah Kencong. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan jalur pendakian gunung Butak via Sirah Kencong merupakan jalur pendakian yang resmi dan sudah mendapat ijin dari PTPN serta mendapat persetujuan dari kepolisian setempat. Selain merupakan jalur yang resmi, dengan melakukan pendakian melalui Sirah Kencong anda disuguhkan panorama yang sangat indah berupa hamparan teh yang siap memanjakan mata anda. Sirah Kencong sendiri merupakaan area perkebunan teh yang berlokasi di desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. 



Jalur menuju Sirah Kencong


Bila anda berasal dari luar daerah, rute yang dapat ditempuh untuk sampai ke Sirah Kencong, anda harus menuju ke kota Blitar terlebih dahulu. Dari kota Blitar anda bisa langsung menuju Pasar-Kawedanan Wlingi. Namun apabila anda turn di kota Malang, anda bisa menuju wilayah Kesamben-Wlingi langsung ke arah Kawedanan Wlingi City Hall.

Basecamp dan perizinan

Sebelum melakukan pendakian maka anda harus mengurus perizinan terlebih dahulu. Perizinan untuk bisa mendaki gunung Butak bisa anda proses di polsek Wlingi dilanjutkan mengurus perizinan di pos pendakian. Adapun beberapa syarat harus anda penuhi untuk bisa melakukan pendakian di gunung Butak diantaranya adalah : 
  1. Membayar biaya masuk ( harga bisa berubah sewaktu-waktu )
  2. Meninggalkan fotocopy KTP 
  3. Melakukan pendaftaran atau registrasi
  4. Meninggakan nomor telepon yang bisa dihubungi   
Setelah menyelesaikan perijinan untuk melakukan pendakian anda dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan. Bagi yang ingin beristirahat disediakan tempat bagi para pendaki guna mempersiapkan fisik sebelum melakukan pendakian.

Basecamp-Wukir Negara ( 1,5 jam )


jalur pendakian gunung butak via Sirah Kencong
indahnya kebun teh bisa menjadi sesaat lupa tujuan awal
via @ di.lestari


Di awal pendakian anda akan melewati perkebunan teh milik Perkebunan Bantaran PTPN XII yang membentang sangat luas. Hamparan warna hijau muda sangat menyejukkan mata ditambah lagi dengan udara yang tidak terlalu dingin menambah kita untuk bisa berlama-lama di tempat itu. Pemandangan di tempat ini hampir mirip dengan kebun teh Kemuning yang berlokasi di Karanganyar Jawa Tengah. Dari tempat ini pula anda bisa melihat puncak dari gunung Butak yang gagah berdiri. Selain itu anda juga bisa melihat gunung Kelud yang menyapa dari kejauhan. Terkadang para pendaki berlama-lama untuk mengambil gambar di tempat ini. Anda harus ingat tujuan awal, untuk mencapai puncak gunung Butak, perjalanan masih jauh dan anda harus bergegas melanjutkan perjalanan. Jalan dari basecamp menuju ke pos 1 cukup landai dengan beberapa belokan. 

Wukirnegara-Pos 1 ( 2-2,5 jam )
Setelah berjalan kurang lebih 1 jam dari pos perizinan sampailah anda di area yang bernama Wukirnegara. Wukirnegara sendiri merupakan area perbatasan antara kebun teh dengan kawasan hutan yang masih dalam area Gunung Butak. Disini pulalah anda akan menemukan track yang sebenarnya untuk dapat mencapai puncak gunung Butak. Track yang cukup curam akan banyak menguras tenaga. Di jalur ini anda mulai dapat menemukan pepohonan yang tinggi menjulang khas pepohonan hutan hujan tropis. Anda harus berjalan kurang lebih 2 jam barulah anda mencapai pos 1. Pos 1 sendiri merupakan area yang cukup lapang tanpa shelter yang bisa anda manfaatkan untuk beristirahat bahkan bisa untuk mendirikan tenda. Di tempat ini bisa untuk menampung 2-3 tenda. 

Pos 1 - Pos 2 ( 2 jam )


jalur pendakian gunung butak via Sirah Kencong
track dengan semak belukar di sekitarnya harus kamu lalui
via @ tingki_wingki_


Perjalanan selanjutnya adalah menuju ke pos 2. Di awal perjalanan anda akan dihadapkan pada jalur yang semakin menanjak, lebih menanjak dibandingkan dari Wukirnegara ke pos 1. Rimbunnya semak yang tumbuh di sepanjang jalur pendakian mungkin dapat menyulitkan langkah kaki anda. Apabila anda membawa trekking pole akan sangat membantu anda, setidaknya bisa untuk menyingkirkan ranting-ranting pohon yang menghalangi di sepanjang jalur pendakian.

Baca juga : 6 tips memilih trekking pole untuk mendaki gunung

Sebelum anda mencapai pos 2 anda akan melewati sebuah tanah yang cukup lapang yakni di pos bayangan. Dari pos bayangan untuk dapat sampai di pos 2 anda hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit. Pos 2 merupakan area yang cukup lapang bagi para pendaki yang ingin mendirikan tenda. Disini pula terdapat 2 pohon yang berukuran sangat besar lebih besar dibandingkan dengan pohon-pohon lain disekitarnya.

Pos 2-Pos 3 ( 2 jam )

Medan yang dihadapi untuk mencapai pos 3 masih menanjak ( lebih menanjak dibandingkan dengan pos 2 ). Di jalur ini vegetasi mulai sedikit berkurang meskipun masih bisa menemukan pohon-pohon dengan ukuran yang cukup besar namun tidak serimbun di pos-pos sebelumnya.  Jalur yang licin serta curam membutuhkan kehati-hatian pendaki untuk melaluinya. Tanjakan demi  tanjakan harus anda lalui untuk bisa mencapai di pos 3. Setelah melakukan perjalanan kurang lebih 2 jam maka anda akan dihadapkan pada area terbuka yang cukup luas menandakan anda telah sampai di pos 3 pendakian gunung Butak via Sirah Kencong.

Pos 3-pos 4 ( 45 menit )
Dari pos 3 menuju ke pos 4 didominasi dengan pohon cemara yang tumbuh menjulang. Di jalur ini pula anda akan menemukan banyak pepohonan dalam kondisi kering meskipun masih berdiri. Beberapa diantaranya roboh dan menghalangi perjalanan karena melintang di antara jalur pendakian. Tanah keras namun licin menjadi track yang harus dilalui para pendaki untuk sampai di pos 4.

Pos 4 – 5 ( 1,5 jam )
Perjalanan selanjutnya adalah menuju ke pos 5. Perjalanan ke pos 5 dari pos 4 adalah perjalanan yang peling menguras tenaga. Sebaiknya anda pandai-pandai mengatur nafas di jalur pendakian ini, karena yang dihadapi adalah tanjakan demi tanjakan tanpa ampun. Di tempat ini apabila musim hujan akan sangat licin karena tekstur tanahnya mirip seperti tanah liat yang akan tambah licin apabila terkena air. 
jalur pendakian gunung butak via Sirah Kencong
pemandangan yang seperti ini yang menjadi alasan kita untuk nanjak
via @aditkuru

Setelah bersusah payah berjalan dengan menempuh tanjakan yang sangat melelahkan anda akan sampai di pos 5. Di perjalanan menuju ke pos 5 anda masih bisa menemukan beberapa pohon dengan ukuran yang cukup besar meskipun di akhir perjalanan hanya akan didapati tumbuhan berupa rumput ilalang dengan sedikit pohon yang tumbuh.

Pos 5-Puncak ( 40 menit )


jalur pendakian gunung butak via Sirah Kencong
sumber indonesia.mountain
repost from dery_bimantara 


Pos 5 merupakan area yang cukup luas dan bisa digunakan sebagai tempat untuk mendirikan tenda. Dari area ini puncak gunung Butak dapat terlihat dengan jelas. Dari sini anda harus berjalan kurang lebih 30-40 menit untuk dapat menggapai puncak tertinggi dari gunung Butak yang berada di ketinggian 2868 MDPL.

Puncak gunung Butak
Tidak seperti puncak-puncak gunung yang lainnya, puncak dari gunung Butak menawarkan pemandangan yang berbeda. Umumnya puncak sebuah gunung berupa area yang tandus atau area yang terdapat kawah di sekitarnya, namun puncak gunung Butak merupakan area padang savana yang sangat luas dengan sedikit pepohonan. Di tempat ini terdapat sebuah plang bertuliskan “puncak 2.868 MDPL” sebagai tanda bahwa anda telah sampai di puncak gunung Butak.  

jalur pendakian gunung butak via Sirah Kencong
sumber : pejalan.kaki_


Pemandangan di puncak gunung Butak sangat indah, terutama bila pagi hari, dimana sang surya mulai muncul menampakkan dirinya di sisi sebelah timur. Disini pula anda dapat melihat gunung-gunung lainnya di propinsi Jawa Timur. Beberapa gunung yang dapat anda lihat di puncak gunung Butak seperti gunung Semeru, gunung Lawu, gunung Arjuna dan gunung Welirang.  

Di puncak anda juga bisa mendirikan tenda, namun jika mendirikan tenda di tempat ini akan berhadapan dengan angin yang cukup kencang. Kawasan dengan padang rumput akan sangat beresiko terbakar terlebih bila musim kemarau tiba, dimana rumput-rumput di sekitar tempat ini akan mengering. Para pendaki sebaiknya tidak mendirikan api unggun untuk mengantisipasi terbakarnya lahan, dan apabila memang terpaksa harus mendirikan api unggun sebaiknya anda memastikan meninggalkannya dalam kondisi benar-benar mati.

Tips mendaki gunung Butak
  1. Jika anda ingin mendaki gunung Butak, sebaiknya anda memilih hari yang tepat. Mendaki di musim hujan sebaiknya dihindari karena jalur pendakian akan semakin licin. Selain itu bahaya seperti badai ataupun petir bisa saja menjadi ancaman.
  2. Jalur pendakian gunung Butak cenderung lembab dengan vegetasi khas kawasan hutan hujan tropis. Di kawasan ini terdapat banyak binatang pacet, jadi berhati-hatilah dan gunakan perlengkapan pendakian yang safety. Menggunakan sepatu gunung akan jauh lebih baik dibandingkan dengan menggunakan sandal gunung. Baca juga : 10 Tips dalam memilih sepatu gunung 
  3. Perlu kita ketahui bersama bahwa  jalur pendakian gunung Butak via Sirah Kencong ini tidak terdapat mata air, sehingga anda harus membawa persediaan air dalam jumlah yang cukup.
  4. Jadilah pendaki yang bijaksana dengan tidak melakukan aksi vandalisme di kawasan gunung Butak.
  5. Ikuti peraturan yang berlaku salah satunya dengan mengurus perizinan pendakian di pos pendakian. 
  6. Bawalah peralatan untuk melindungi diri berupa masker, topi atau slayer. Puncak gunung Butak merupakan padang rumput dengan ditumbuhi ilalang dan sangat panas terutama di siang hari.
  7. Di jalur pendakian terdapat beberapa percabangan jalan, namun pada akhirnya akan bertemu pada jalur yang sama. 
  8. Jagalah kekompakan tim pendakian anda, janganlah terlalu terobsesi sampai ke puncak dengan mengesampingkan keselamatan tim. Bagaimanapun keselamatan anggota tim merupakan hal yang utama. 
  9. Pakailah baju lengan panjang dan celana panjang ketika melakukan pendakian karena hal itu bisa meminimalisir terkena gigitan pacet.
  10. Sebaiknya anda membawa tembakau untuk mengantisipasi bahaya dari gigitan pacet.

Kesimpulannya    
Pendakian gunung Butak via Sirah kencong merupakan pendakian yang cukup menguras tenaga. Hal ini dikarenakan tracknya yang panjang serta memerlukan waktu tempuh yang cukup lama ( kurang lebih 10 jam ). Sebaiknya anda mempersiapkan segala sesuatu dengan baik sebelum mendaki gunung Butak via Sirah kencong. Persiapan fisik, logistik serta manajemen waktu yang baik sangat diperlukan untuk menggapai puncak gunung Butak. Perjalanan yang lama serta tenaga yang banyak dikeluarkan akan terbayar lunas setelah anda mencapai puncak gunung Butak di ketinggian  2.868 MDPL.

Referensi : infopendaki[dot]com

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "jalur pendakian gunung butak via Sirah Kencong, jalur resmi yang direkomendasikan"