kekurangan dan kelebihan menggunakan sandal gunung untuk mendaki gunung

Sandal gunung, bagi saya pribadi barang yang satu ini adalah barang yang sangat penting untuk dikenakan pada waktu aktifitas sehari-hari. Bukan karena hobi saya mendaki gunung lantas saya sering memakai sandal gunung untuk keperluan aktifitas saya, alasan utama saya memilih sandal unung adalah awet, alasan kedua sandal gunung adalah sandal paling nyaman dipakai. Karena mempunyai bantalan atau grid yang tebal sehingga bila dikenakan pada lantai atau area yang licin sandal gunung membuat kita tidak mudah terpeleset. Sandal gunung memang memiliki banyak kelebihan, kunci kekuatan dari sandal ini selain ring pengikat tali dari bahan 100 % asetat juga didukung bahan yang terbuat webbing dan polyester sebagai bahan baku dalam pembuatan strappingnya. Bahan yang kuat serta desain yang aergonomis mengikuti telapak kaki kita, menambah kenyamanan kita ketika memakainya.




Dalam dunia pendakian, sandal gunung adalah salah satu alas kaki favorit yang dipakai oleh kalangan pendaki, harga yang murah tentu saja akan membantu kita yang memiliki anggaran yang minim untuk sekedar bisa menyalurkan hobi kita yakni mendaki gunung. Mendaki gunung memang memerlukan cukup banyak perlengkapan atau barang. Setidaknya ada 25 barang yang harus kita bawa saat mendaki gunung, dan sandal gunung adalah salah satu perlengkapan  wajib atau perlengkapan yang harus dibawa. Di kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang kelebihan dan kekurangan pemakaian sandal gunung dalam melakukan pendakian. Artikel ini berdasarkan pengalaman admin yang tidak jarang menggunakan sandal gunung untuk melakukan pendakian. Berikut ulasannya :

Kelebihan sandal gunung


Harga yang bersahabat

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, harga sandal gunung terutama sandal yang diproduksi di Indonesia harganya cukup terjangkau terutama bagi pelajar dan kalangan mahasiswa. Harga sandal gunung lokal dengan kualitas cukup baik berkisar antara 150-200 ribu. Tentu akan sangat membantu para penggiat alam yang tidak dapat membeli sepatu outdoor yang harganya rata-rata lebih mahal dibandingkan dengan harga sandal. Untuk harga sepatu outdoor minimal berharga 300 ribu (sepatu berkualitas sedang )


Sandal gunung praktis digunakan

Kelebihan yang satu ini tidak bisa kita dapatkan jika kita memakai sepatu gunung. Sandal gunung termasuk alas kaki yang praktis digunakan. Dengan melepaskan pengikat bagian belakang tumit, sandal sudah dapat terlepas. Hal ini sangat memudahkan kita terutama ketika selesai mendirikan tenda dan ingin masuk ke dalamnya atau ingin melakukan aktifitas dari dalam keluar tenda dengan waktu yang tidak lama dan harus memakai alas kaki, maka sandal gunung pasti akan selalu dipilih dibandingkan dengan sapatu.   

Sandal gunung merupakan alas yang ringan

Berjalan dengan track yang menanjak dengan membawa beban berpuluh kilogram tentu akan sangat memberatkan kita, apalagi dengan memakai alas kaki yang berat. Alih-alih alas kaki tersebut membantu kita, di lain pihak justru akan menambah beban kita ketika melangkah. Sandal gunung termasuk alas kaki yang ringan ketika dipakai, meskipun ringan jangan ditanyakan kekuatannya. Dengan bahan pilihan dan berasal sari serat sintetis maka sandal gunung didesain dengan sangat kuat bila dikenakan meskipun dalam waktu yang lama.


Sandal gunung awet serta bisa dipakai dalam acara diluar kegiatan pendakian 

Untuk soal keawetan dari sandal gunung tidak perlu ditanyakan lagi. Saya memiliki sebuah sandal yang bermerk E*ger yang saya beli ketika berumur 19 tahun ketika saya masuk di semester 2 dan baru rusak ketika saya berumur 25 tahun, jadi total saya menggunakannya selama 6 tahun. Sandal itu saya pakai bukan hanya untuk mendaki gunung aja, namun juga untuk keperluan lainnya seperti traveling, ataupun kegiatan social. Keawetan disini bisa menjadi kelebihan sekaligus kelemahan bagi saya, karena saya pribadi adalah orang yang enggan membeli suatu barang jika barang yang saya gunakan belum rusak. Jadi meskipun sudah berubah warna dari biru muda menjadi biru tua sedikit kegelapan dan bantalan sudah mulai aus saya tetap bertahan memakainya sampai benar-benar rusak.


Namun dibalik semua kelebihan yang ditawarkan, sandal gunung juga memiliki kekurangan dalam penggunaannya. Berikut kekurangan ketika kita mengenakan sandal untuk mendaki gunung.


Penggunaan sandal gunung kurang safety untuk medan tertentu

Salah satu kelemahan sandal gunung adalah kita akan lebih beresiko cidera terutama bila kita melintasi medan-medan yang terjal seperti medan berbatu. Medan yang banyak terdapat ranting-ranting pohon juga dapat menjadi ancaman karena kaki kita bisa dengan tidak sengaja tertusuk ranting tersebut. Untuk medan yang seperti ini sepatu gununglah yang paling cocok digunakan karena akan memberikan perlindungan yang menyeluruh terhadap kakimu.

Bahaya akan gigitan hewan juga bisa mengancammu

pacet

Selain tidak cocok digunakan pada medan yang berbatu serta banyak terdapat ranting-ranting pohon, penggunaan sandal gunung juga memiliki resiko lainnya, yakni  kaki kita dapat digigit oleh binatang yang dapat kita temui di sepanjang jalur pendakian. Pengalaman rekan saya kakinya digigit oleh lintah atau pacet ketika mendaki salah satu gunung yang memiliki jalur pendakian yang sangat lembab. 

Kerikil akan mudah masuk ke dalam sela-sela telapak kakimu

Hal yang paling menyebalkan ketika mengenakan sandal gunung adalah, seringkali kerikil masuk ke dalam sela-sela telapak kaki kita, sehingga kita harus duduk dan membuka sandal yang kita kenakan untuk menyingkirkan kerikil tersebut. Tentu hal ini akan merepotkan kita dan membuang banyak waktu. 

Selain resiko-resiko diatas masih terdapat pula resiko lainnya seperti terjadinya hipotermia jika kita mengenakan sandal gunung. Hal ini disebabkan karena kaki kita tidak tertutup dengan sempurna dan terpapar oleh udara dingin di sekitarnya meskipun kita telah memakai kaus kaki. 

Lantas apakah kita kita tidak boleh mengenakan sandal gunung ?

Penggunan sandal gunung untuk mendaki tentu diperbolehkan, karena meskipun tidak menutupi keseluruhan kaki, sandal gunung sudah didesain dengan sedemikian rupa supaya kuat serta nyaman ketika digunakan. Namun perlu kita ketahui bersama, penggunaan sandal gunung tidak cocok digunakan untuk perjalanan dalam waktu yang lama serta jarak tempuh yang jauh. Sandal gunung lebih cocok dugunakan untuk mendaki gunung dengan tingkat kesulitan ringan dan tidak memiliki jarak tempuh yang relatif lama. Jika anda ingin memakai sandal gunung, pilihlah sandal yang memiliki penutup pada ujung kakinya, karena seringkali pendaki harus kehilangan kuku pada jari kaki mereka karena tersandung batu ketika melewati jalur pendakian. Selain itu sebaiknya anda memotong kuku terlebih dahulu, agar bilamana terjadi cidera kuku anda tidak melukai kulit di bawah kuku anda.  

Bila anda ingin melakukan perjalanan jauh alangkah lebih baik jika anda menggunakan sepatu gunung, karena dengan memakai sepatu gunung, kaki anda akan aman terlindungi. Pilihlah sepatu gunung yang sedikit lebih longgar dan pilihlah kaus kaki dari bahan katun. Kaus kaki dari bahan sintetis akan sangat panas bilamana dipakai sedangkan menggunakan sepatu yang pas dengan ukuran telapak kaki kita menyebabkan ujung jari kaki tertekan pada ujung sepatu, akibat penekanan yang lama maka ujung jari kaki kita akan terasa nyeri. Bila anda hendak membeli sandal gunung, anda bisa membaca 10 tips memilih sandal gunung, sandal outdoor untuk pendakian yang sudah saya tulis di postingan sebelumnya 

semoga artikel mengenai kekurangan dan kelebihan menggunakan sandal gunung untuk mendaki gunung ini bermanfaat

salam...

0 Response to "kekurangan dan kelebihan menggunakan sandal gunung untuk mendaki gunung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel