tips memilih pakaian untuk hiking atau mendaki gunung

Mendaki gunung adalah salah satu kegiatan yang memerlukan banyak hal yang perlu dipersiapkan. Persiapan yang dilakukan untuk melakukan aktifitas ini bisa mencakup persiapan fisik dan persiapan peralatan pendakian. Salah satu hal yang perlu anda perhatikan dalam kegiatan mendaki gunung adalah cara anda berpakaian.

tips memilih pakaian untuk hiking atau mendaki gunung


Cara berpakaian saat mendaki gunung tentu akan berbeda dengan kegiatan outdoor lainnya misalkan susur pantai. Pakaian yang kita kenakan haruslah disesuaikan dengan tempat tujuan kita. Selain kondisi geografis dan faktor iklim, faktor lamanya anda melakukan perjalanan juga perlu anda pertimbangkan ketika hendak memilih pakaian untuk dikenakan saat pendakian. Ruang pendaki akan memberikan beberapa tips sederhana dalam memilih pakaian untuk hiking atau mendaki gunung. Berikut tipsnya :

Hal yang dipertimbangkan dalam memilih baju


Gunakanlah baju yang dapat dengan cepat mengering

Baju yang tepat digunakan untuk mendaki gunung adalah baju yang cepat mengering ketika anda gunakan saat beraktifitas. Saat mendaki gunung tentu kita akan benyak bergerak, akibatnya keringat akan lebih banyak dihasilkan. Dampak dari keringat yang berlebihan tersebut dapat membuat baju kita menjadi basah serta bila dipakai terlalu lama tentu akan mengakibatkan timbulnya masalah kesehatan seperti hipotermia. Baju berbahan sintetis sangat dianjurkan dipakai saat melakukan pendakian, selain bahan ini mudah mengering, bahan yang terbuat dari serat sintetis memiliki keunggulan lainnya yakni sangat ringan digunakan. Hal itu tentu akan sesuai dengan konsep ultralighthiking yang saat ini sudah banyak di aplikasikan.


Seringkali kita mungkin tergoda dengan baju berbahan katun ( cotton ). Tekstur yang lembut serta mempunyai ketebalan yang lebih dibandingkan dengan jenis kain lainnya seakan memberikan kita kehangatan bilamana kita memakainya. Namun baju atau berbahan katun sangat tidak direkomendasikan untuk dipakai saat kita melakukan pendakian. Mengapa demikian? Pasalnya selain memperangkap kelembapan, baju berbahan katun cenderung akan menampung keringat yang dihasilkan tubuh kita. Akibatnya selain tidak nyaman dikenakan, kamu akan lebih cepat menggigil karena suhu tubuhmu ikut turun bersamaan dengan dinginnya pakaian yang kamu kenakan serta lingkungan sekitarnya yang bersuhu dingin.


Selain itu bahan terbaik yang lembut, ringan dan memberikan kelembapan yang cukup adalah bahan pakaian dengan jenis Techwik. Techwik adalah materi terbaik yang bisa diaplikasikan ke dalam beberapa model pakaian, misalkan  T-shirt. Selain mudah mengering, lapisan polyester yang ada di dalamnya memungkinkan tubuh anda cukup mendapatkan sirkulasi udara, sehingga dapat melepaskan kalor yang dihasilkan serta membuat anda jauh lebih nyaman. Selain beberapa jenis pakaian yang telah disebutkan, pakaian dengan bahan merino wol juga dapat menjadi alternatif lainnya. Selain mempunyai kemampuan melepaskan kelembapan tubuh, merino wol juga mempunyai keistimewaan, salah satunya adalah dapat mengusir bau apapun, baik itu bau yang dihasilkan oleh tubuh maupun bau yang diakibatkan oleh benda-benda yang tidak sengaja menempel di pakaian anda. Tentu untuk dapat membeli pakaian dengan berbahan merino wol kita harus merogoh kocek lebih dalam. Alternatifnya lainnya anda bisa menggunakan baju jersey yang sangat dengan mudah kita dapatkan. Tidak hanya di toko pakaian saja, namun juga dapat kita temui di toko perlengkapan alat olahraga sekitar kita.

Model baju

Dua model ini adalah model pakaian pada umumnya. Sebelum memutuskan untuk memilih model pakaian yang mana, perlu kita kaji lebih jauh lagi tentang kelemahan dan kelebihan dari masing-masing model pakaian yang akan kamu gunakan.


Baju dengan lengan panjang 

Baju lengan panjang selain dapat memproteksi lengan kita juga dapat menjaga kehangatan tubuh kita terutama pada kondisi gunung yang bersuhu sangat dingin. Namun baju lengan panjang akan lebih menyulitkan pergerakan kita dibandingkan dengan kita memakai baju lengan pendek, dan akan sangat panas digunakan pada saat udara kering dan cuaca panas. Sebaliknya :

Baju lengan pendek 

Baju lengan pendek selain memudahkan pergerakan kita juga sangat praktis ketika digunakan. Kita tidak akan merasa kepanasan ketika memakainya pada siang hari, pada saat cuaca sangat panas. Namun dengan memakai baju lengan pendek tentu akan memiliki beberapa kekurangan, diantaranya : Tangan kita beresiko terluka bilamana terkena ranting atau batu yang dapat kita temui di sepanjang jalur pendakian. Tangan kita juga dapat terbakar atau gosong saat terkena teriknya sinar matahari. 

Lantas saya harus memilih yang mana ?

Pilihan yang tepat adalah pakaian yang disesuaikan dengan kebutuhanmu. Sesuaikan dengan dimana dan kapan kamu melakukan pendakian. Bilamana saat itu kamu melakukan pendakian saat musim kemarau, lebih baik menggunakan baju dengan lengan panjang serta dengan bahan tipis untuk mencegah keringat berlebihan, begitu pula sebaliknya. Kamu juga dapat membeli baju dengan model dapat digulung pada bagian kerahnya serta memiliki kancing di lengan untuk dapat menfiksasi bagian lengan agar tidak mudah lepas ketika digunakan.


Pertimbangkan pula warna 


Kita sudah mengetahui bahwa warna hitam memiliki sifat untuk menyerap kalor. Anda bisa memilih dan mengenakan pakaian dengan warna hitam saat malam tiba atau saat kondisi sangat dingin. Warna cerah memiliki sifat sulit menyerap kalor, oleh karenanya bisa anda gunakan saat kondisi udara panas pada waktu siang hari. Bila anda melakukan perjalanan sebaiknya menggunakan pakaian dengan warna yang cerah, mengapa demikian?. Warna cerah akan mudah dikenali dibandingkan dengan warna gelap. Dengan demikian bilamana terjadi kondisi dimana pendaki tersesat dan keluar dari jalur pendakian, akan memudahkan tim pencari karena warna pakaian yang dipakai lebih mencolok dibandingkan dengan warna alam disekitarnya. 

Perhatikanlah layering


Sebelum anda pergi mendaki gunung, sebaiknya anda memiliki asumsi bahwa kondisi cuaca di gunung yang akan anda daki dapat berubah dengan cepat. Dampaknya, suhu pada daerah tersebut bisa saja mengalami naik turun terutama pada ketinggian 3000 diatas permukaan air laut. Salah satu cara untuk melindungi diri dari perubahan cuaca adalah dengan melengkapi diri kita dengan pakaian yang memiliki beberapa lapis. Pada umumnya pakaian yang digunakan memiliki 3 lapisan utama dan satu lapisan tambahan. Lapisan-lapisan tersebut diantaranya :  

Lapisan dasar sebagai pengatur kelembapan tubuh

Anda bisa memilih menggunakan baju dengan bahan sintetis. Baik itu baju dengan lengan panjang atau lengan pendek bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Lapisan dasar selain berguna untuk menyerap keringat serta menguapkannya juga dapat mengatur kelembapan tubuh kita. Selain baju dengan bahan sintetis anda juga dapat memilih baju dengan bahan wol, karena bahan-bahan ini tidak menyerap keringat. Seperti yang telah dijelaskan, pemakaian baju berbahan katun tidak disarankan karena pakaian dengan bahan katun dapat menyerap keringat, dan bila keringat banyak terkumpul pada lapisan dasar yang bersentuhan langsung dengan tubuh kita maka akan sangat beresiko terjadi hipotermia.

Lapisan tengah atau lapisan insulating 

Lapisan ini berfungsi untuk mencegah udara panas keluar dari tubuh kita. Diharapkan dengan udara panas yang terperangkap di dalam tubuh, tubuh dapat mempertahankan suhu diatas suhu lingkungan di sekitarnya. Jaket dengan bahan bulu angsa di dalamnya adalah yang terbaik dalam memberikan perlindungan bagi tubuh kita. Beberapa jaket seperti the north face serta Patagonia sudah mengeluarkan model dengan memakai bahan tersebut di dalamnya, namun untuk mendapatkannya tentu harus membayar dengan harga yang sangatlah mahal karena jaket the north face biasa dengan bahan polar pun sudah cukup mahal.

Lapisan shell layer

Lapisan yang terakhir ini berfungsi untuk menahan air masuk ke lapisan bawahnya. Anda bisa menggunakan windproof ataupun windproof-waterproof-breathable. Jaket dengan windproof-waterproof-breathable akan memberikan perlindungan terbaik dibandingkan dengan jaket windproof saja. Dengan jaket tersebut yang sudah memiliki teknologi Gore-Tex di dalamnya membuat kita lebih nyaman dalam menggunakannya. Karena lapisan tersebut tidak tembus akan angin dan air serta mampu mengeluarkan uap air dan membuat badan kita tidak akan merasa panas jika menggunakannya meskipun kondisi cuaca sangat panas.

Pakailah topi


Memakai sebuah topi adalah cara yang efektif untuk dapat mencegah muka anda terbakar ataupun gosong serta dapat melindungi diri dari sinar matahari secara langsung. Desain topi terbaik yang dapat anda gunakan adalah topi tentara atau topi yang memiliki tepi pada sekelilingnya. Selain melindungi muka anda terhadap paparan sinar matahari secara langsung, topi yang memiliki tepi pada semua sisinya dapat mencegah leher terlindungi dari panas ataupun dari benda asing yang beresiko masuk ke dalam celah bagian belakang pakaian kita.

Lengkapi pakaianmu dengan jaket gunung Waterproff


Baik dalam musim kemarau atau musim penghujan sebaiknya kamu selalu membawa jaket gunung waterproff. Selain melindungi dirimu dari dingin, jaket gunung juga berfungsi melindungi dirimu dari gangguan-gangguan lainnya yang dapat menciderai dirimu selama di perjalanan. Sebut saja ranting pohon, bahaya adanya pacet, serangga seperti laba-laba, ulat, semut ataupun serangga berbisa lainnya. Pastikan juga jaket gunung yang kamu kenakan sudah dilengkapi dengan teknologi yang memungkinkan keringat dapat mengering serta memungkinkan udara masuk ke dalamnya dengan tetap menjaga kelembapan tubuh kita. Jaket dengan teknologi Gore-Tex dapat menjadi alternatif pilihanmu.   


Hal yang dipertimbangkan dalam memilih celana


Pilih mengenakan celana  pendek atau panjang ?

Anda bebas menggunakan celana pendek ataupun celana panjang ketika melakukan pendakian gunung. Namun sebelum memutuskannya, mari kita bahas kelebihan dan kekurangan masing-masing model

Celana pendek lebih memberikan kemudahan bagi anda untuk dapat bergerak pada medan yang cukup sulit sekalipun. Selain itu dengan memakai celana pendek maka kita tidak akan terasa gerah atau panas meskipun mendaki gunung pada musim kemarau pada cuaca sangat panas. Namun memakai celana pendek bukan tanpa kekurangan, ancaman akan terkena gigitan binatang akan jaug lebih besar dibandingkan jika kita menggunakan celana panjang. Selain itu, kulit kita akan terbakar jika udara sangat panas karena kulit kita dapat terpapar sinar matahari secara langsung.

celana yang dapat digulung
celana yang dapat digulung dapat menjadi alternatif pilihanmu

Disisi lain, dengan memakai celana panjang memberikan beberapa keuntungan pada diri kita. Kaki kita dapat terlindungi dari beberapa bahaya misalkan gigitan binatang, terlindung  terkena tanaman yang menyebabkan kulit kita gatal, juga terlindung terhadap sinar matahari yang dapat membakar kulit kita. Namun sama halnya dengan memakai celana pendek. Memakai celana panjang selama melakukan pendakianpun juga mempunyai beberapa kekurangan, diantaranya kurang bebas dalam bergerak serta akan terasa panas saat digunakan pada musim kemarau. Itulah kekurangan yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan melakukan pendakian dengan memakai celana panjang.


Memilih celana dengan karakteristik mudah mengering 

Sama halnya dalam memilih baju untuk dikenakan selama melakukan pendakian. Dalam memilih celanapun memiliki prinsip yang sama, yakni pilihlah celana yang mempunyai bahan yang mudah mengering bilamana terkena keringat ataupun air hujan. Celana yang terbuat dari bahan spandex atau nilon adalah pilihan terbaik. Selain memiliki berat yang cukup ringan dan awet celana yang terbuat dari spandex ataupun nilon tidak diragukan lagi soal kekuatannya.

Perhatikan pula fitur-fitur yang ada

celana yang memiliki saku
dalam memilih celana perhatikan fitur-fitur yang disediakan
Dalam memilih celana untuk mendaki gunung, selain bahan serta model, fitur-fitur yang tersedia pada celana tersebut perlu kita perhatikan. Misalnya ketersediaan saku. Dengan adanya saku tentu akan memberikan kemudahan bagi para pendaki dalam membawa barang penting yang mengambilnya memerlukan waktu yang cepat serta tidak perlu membuka carrier. Sebagai contoh membawa kompas ataupun alat komunikasi lainnya. Pilihlah celana dengan model saku selain berada di bagian belakang juga mempunyai saku disamping kanan dan kiri. Hindari memilih celana yang memiliki saku yang berlebihan karena justru hal tersebut membuat celana yang kita pakai akan rentan rusak atau robek akibat banyaknya jahitan. Pilih juga celana yang dilengkapi dengan penutup saku baik itu perekat ataupun resleting untuk menutup saku tersebut. Harapannya, dengan model saku seperti ini, barang yang kita bawa tidak mudah jatuh karena lubang pada saku terfiksasi dengan baik.


Tambahan

Bawalah sarung tangan setiap kali pendakian 

Sarung tangan tidak hanya berfungsi untuk melindungi diri kita dari cuaca  panas ataupun cuaca yang dingin saja. Fungsi sarung tangan juga dapat melindungi telapak tangan kita ketika memegang baik itu dahan pohon ataupun sebuah batu yang dijadikan kita sebagai tumpuan. Bawalah minimal 2 pasang sarung tangan ketika mendaki gunung. bilamana sepasang tidak bisa digunakan karena basah ataupun rusak kamu mempunyai sepasang lagi yang siap kamu pakai untuk menjelajah yang menjadi tujuanmu.

Pastikan dirimu memakai alas kaki yang tepat selama melakukan pendakian

Memilih sandal gunung atau sepatu? Keduanya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bila kamu melakukan perjalanan dengan waktu tempuh yang panjang dengan medan yang sulit, kamu sebaik kamu menggunakan sepatu gunung. Namun bila kamu melakukan pendakian di gunung yang memiliki track ringan serta tidak memerlukan waktu tempuh yang cukup lama seperti melakukan pendakian di gunung andong magelang, kamu bisa menggunakan sandal gunung sebagai alas kaki andalanmu. Bila kamu ingin menggunakan sepatu untuk mendaki dan bingung memilihnya, kamu bisa membaca artikel  Tips memilih sepatu gunung untuk pendakian.


Dengan memilih dan menggunakan peralatan yang tepat akan memberikan kenyamanan bagimu selama melakukan aktifitas petualangan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian alam ini dengan tidak membuang sampah sembarangan serta tidak melakukan tindakan yang merusak alam.

Terimakasih sudah menyempatkan membaca artikel Tips memilih pakaian untuk hiking / mendaki gunung ini. Saya mengharapkan kritikan atau masukan yang dapat membangun. salam


sumber referensi : http://wiranurmansyah.com/tips-berpakaian-di-gunung-layering-system
sumber gambar   : pixabay.com

0 Response to "tips memilih pakaian untuk hiking atau mendaki gunung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel