manfaat menggunakan sepatu gunung saat melakukan pendakian gunung

Manfaat menggunakan sepatu gunung dalam pendakian. Dalam kegiatan mendaki gunung, seringkali kita dihadapkan pada 2 pilihan, mau melakukan pendakian menggunakan sandal atau sepatu gunung? Beberapa orang mungkin memiliki pendapat yang berbeda mengenai penggunaan sepatu gunung dalam melakukan pendakian. Salah satu alasan utama pendaki menggunakan sepatu gunung adalah, sepatu gunung memiliki dukungan pada pergelangan kaki. Kali ini ruang pendaki akan membahas tentang penggunaan, manfaat menggunakan sepatu gunung saat melakukan pendakian. Berikut ini manfaat menggunakan sepatu gunung yang berhasil kami rangkum :

sumber gambar : cleverhiker.com


Mampu melindungi kaki dari cidera

Sepatu gunung sudah lama menjadi alas kaki pilihan. Banyak orang menggunakan alas kaki jenis ini untuk melakukan perjalanan jauh baik itu backpacking, ataupun hiking. Sepatu terutama dengan bahan sintetis memiliki beberapa keunggulan, diantaranya tahan terhadap abrasi, tahan terhadap air yang membuat sepatu jenis ini awet ketika digunakan. Selain itu beberapa sepatu gunung memiliki desain yang unik dengan menutup pergelangan kaki, sehingga dapat menurunkan resiko cidera pada pergelangan kaki terutama karena benturan atau gesekan baik itu batu atau ranting pohon di sepanjang perjalanan. Mungkin beberapa diantara kita mungkin beranggapan, bahwa untuk mencegah cidera pada pergelangan kak,i kita harus fokus pada penguatan dan peregangan pergelangan kaki. Namun sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa orang yang sehat tanpa masalah pergelangan kaki maka dia tidak membutuhkan tambahan "dukungan pergelangan kaki" saat hiking.


Memberikan perlindungan terhadap bahaya gigitan binatang

Manfaat menggunakan sepatu gunung yang lain ialah : kaki kita aman terhadap gigitan binatang. Kita tidak bisa menjamin apakah daerah atau jalur yang kita lewati aman dari binatang-binatang liar ataupun tidak. Bahaya akan gigitan binatang melata seperti ular, kalajengking, kelabang dapat saja terjadi jika kita menggunakan alas kaki yang tidak dapat memproteksi kaki kita dengan baik. Oleh karenanya bila kita melewati gunung dengan vegetasi yang cukup lebat sebaiknya kita menggunakan sepatu gunung, karena bahaya akan gigitan binatang setidaknya dapat dicegah.


Bahaya akan terkena tanaman beracun dapat dicegah

Apakah ada tanaman yang beracun di sekitar jalur pendakian ? tanaman beracun dalam hal ini dimaksudkan tanaman yang menimbulkan gejala-gejala alergi. Beberapa tanaman di daerah tropis ada yang mempunyai kandungan dan berefek pada tubuh kita. Efek yang dihasilkan dapat bervariasi, umumnya adalah gatal-gatal dan yang paling parah adalah sesak nafas. 

Memberikan kenyamanan dengan grip yang tebal

Tidak dipungkiri penggunaan grip yang tebal dirasa mampu menurunkan terjadinya getaran yang dihasilkan alas kaki kita terutama pada medan yang keras. Getaran yang minimal membuat kaki kita terutama pada bagian lutut tidak mudah terasa nyeri. Sehingga kita dapat berjalan lebih jauh lagi, berbeda jika kita menggunakan sandal gunung. Rata-rata sandal gunung didesain dengan grip yang cukup tebal namun tidak setebal grip pada sepatu gunung. Berjalan dengan jarak yang cukup jauh menggunakan sandal gunung akan lebih menimbulkan efek nyeri terutama pada kaki bagian lutut.

Memberikan perlindungan terhadap cuaca yang panas

Selain melindungi kaki kita dari cidera yang disebabkan karena trauma, dengan memakai sepatu gunung kaki kita akan terlindungi dari cuaca atau iklim yang merugikan. Sepatu gunung selain dapat melindungi kaki anda dari panas matahari yang menyebabkan kulit kaki menghitam atau terbakar juga dapat melindungi kaki anda dari udara yang dingin. Karena kaki terutama telapak kaki dan punggung telapak kaki dapat terlindungi dan tertutup maka  udara dingin sekitar kita tidak dapat masuk sehingga akan memberikan kehangatan yang lebih baik dibandingkan jika kita memakai sandal gunung.


Menjaga kaki agar tetap bersih dan kering

Dalam melakukan perjalanan melintasi track pegunungan, seringkali dihadapkan pada medan yang kotor dan penuh dengan lumpur serta debu. Dalam kondisi yang seperti ini, menggunakan sepatu gunung sangat bermanfaat untuk menjaga kakimu tetap bersih dan kering. Tentunya kamu juga harus memilih dan menggunakan sepatu gunung yang tahan air dan memiiki pori-pori yang cukup. Hal ini tidak bisa kamu dapatkan jika mendaki menggunakan sandal gunung, menggunakan sandal gunung pada medan yang berlumpur akan menyusahkan pergerakan, karena sandal akan sulit diangkat ketika terbenam di dalam lumpur.

Namun dari beberapa kelebihan dan manfaat menggunakan sepatu gunung, tentu ada kekurangan bila dibandingkan jika kita menggunakan sandal gunung. Salah satu kekurangan menggunakan sepatu gunung adalah, kurang praktis. Selain itu rata-rata harga sepatu gunung lebih mahal. Namun untuk pendakian pada medan yang terjal serta sangat sulit dilalui sepatu gunung merupakan alas kaki yang wajib kamu kenakan. Apakah kamu punya pendapat lain tentang penggunaan sepatu gunung? tulis pendapatmu di  kotak komentar yang tersedia. Semoga artikel mengenai manfaat penggunaan sepatu gunung untuk melakukan pendakian ini berguna bagi kita. Salam. 

0 Response to "manfaat menggunakan sepatu gunung saat melakukan pendakian gunung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel