gunung bongkok rute pendakian ketinggian dan lokasi

Rute pendakian gunung Bongkok. Gunung yang memiliki ketinggian 975 mdpl ini cukup dikenal oleh penggiat kegiatan pendakian terutama di Propinsi Jawa Barat. Gunung Bongkok terletak di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Ciamis namun secara administratif gunung ini masuk di Kabupaten Purwakarta. Di kabupaten Purwakarta setidaknya terdapat 2 gunung lainnya yang dapat kita daki yakni gunung Lembu dan Gunung Parang. Dengan ketinggian 975 mdpl dan dengan medan yang cukup mudah maka gunung Bongkok sangat direkomendasikan bagi pendaki pemula khususnya di Propinsi Jawa Barat.

gunung bongkok
sumber gambar : ig kiekifullmix

Gunung Bongkok memiliki 2 puncak, puncak pertama adalah puncak dengan kondisi yang cukup datar, puncak ini terdiri dan bebatuan tebing dan lebih rendah dibandingkan dengan puncak yang kedua. Puncak kedua adalah puncak tertinggi dan memiliki keistimewaan dengan adanya bebatuan dengan ukuran yang cukup besar dan saling bertumpukan. Jika anda pernah melakukan pendakian gunung api purba yang berada di Yogyakarta, dilihat dari kejauhan, gunung Bongkok akan memiliki beberapa persamaan dengan gunung Api Purba. Gunung Bengkok terlihat seperti batuan raksasa yang menjulang tinggi diantara pemukiman penduduk. Dengan lokasinya yang cukup strategis membuat gunung Bongkok menjadi tujuan para pendaki yang ingin menikmati keindahan alam, melihat kota Purwakarta dai ketinggian dan melihat waduk Jatiluhur serta kedua gunung lainnya yakni gunung Parang dan gunung Lembu yang tegak berdiri, menyapa dari kejauhan.

Rute menuju gunung Bongkok

Rute atau akses menuju gunung Bongkok cukup mudah. Apabila anda berasal dari luar kota, anda bisa naik kereta api dan turun di stasiun Purwakarta. Sampai di stasiun Purwakarta kita bisa menggunakan alat transportasi angkutan kota menuju ke arah kota terlebih dahulu, hal ini dikarena belum ada angkutan dari stasiun menuju ke desa Cikandang. Dari stasiun menuju ke pertigaan kota dilanjutkan berganti transportasi dari arah kota menuju daerah Plered. Sampai di daerah Plered kita harus berganti transportasi lagi menggunakan angkutan menuju ke arah desa Cikandang. Lama perjalanan dari stasiun Purwakarta menuju ke desa Cikandang berkisar antara 1-2 jam perjalanan, tergantung lama tidaknya anda mendapat angkutan serta laju angkutan yang anda tumpangi. 

Jalur pendakian gunung Bongkok

Untuk dapat mencapai puncak gunung Bongkok maka anda harus melewati setidaknya 2 pos pendakian. Dari pos pendakian pertama menuju pos pendakian kedua tidak memerlukan waktu yang lama. Sekitar 10-15 menit berjalan maka anda akan sampai di pos pendakian kedua. Bagi yang ingin mendirikan tenda maka sebaiknya mendirikan tenda di pos 1 atau 2 karena selain mempunyai area yang cukup luas, ada peraturan dari pihak pengelola yang melarang para pendaki mendirikan tenda di daerah dekat puncak gunung. Hal ini disebabkan apabila para pendaki mendirikan tenda daerah puncak akan sangat beresiko terjadinya kebakaran lahan yang disebabkan karena aktivitas para pendaki seperti membuat api unggun ataupun memasak yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

Jalur pendakian gunung Bongkok cukup terjal. Di sepanjang jalur pendakian kita akan sering menjumpai bebatuan dengan ukuran yang cukup besar. Kita harus melewati tanjakan demi tanjakan yang terdapat di area tersebut dengan penuh hati-hati. Jalur pendakian akan semakin sulit untuk kita lewati terutama ketika hujan sehingga membuat daerah sekitarnya menjadi licin. Untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan seperti pendaki yang terpeleset maka pihak pengelola memfasilitasi penggunaan tali webing yang diletakkan pada titik-titik tertentu. Dengan adanya tali webing maka setidaknya membantu kita untuk berpegangan agar tidak mudah jatuh ataupun terpeleset ketika melintasi treck yang sulit.

Diawal pendakian jalur yang dilewati masih cukup landai dengan banyaknya pepohonan. Pohon bambu adalah pohon yang mendominasi dan dapat dengan mudah kita temukan. Semakin jauh melangkah maka kita akan mulai masuk ke dalam hutan dan menjumpai treck yang cukup curam. Perlu kehati-hatian dalam melangkah karena selain memiliki track yang curam disepanjang jalur pendakian kita akan dapat menemukan bebatuan yang bisa saja terlepas dan melukai rekan kita di bagian belakang. Perjalanan yang sulit akan terbayar lunas apabila kita sudah sampai puncak dan bisa melihat pemandangan yang ditawarkan dari atas puncak gunung Bongkok.


Puncak gunung Bongkok

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa gunung Bongkok memiliki 2 puncak dengan karakteristik yang berbeda. Puncak  pertama merupakan puncak datar. Puncak datar merupakan area yang cukup luas dan tempat terbaik untuk melihat sunrise. Bagi kalian yang suka akan fotografi dan ingin mengabadikan sunrise terbaik di gunung Bongkok maka tempat inilah yang paling ideal. Namun di puncak datar cukup berbahaya dibandingkan dengan puncak yang satunya dikarenakan mempunyai sisi yang berhadapan langsung dengan jurang sehingga anda harus berhati-hati ketika berada disisi ini yang berhadapan langsung dengan jurang.

sumber gambar : ig khaerul_bagus

Puncak kedua adalah puncak watu tumpang yang merupakan puncak tertinggi di gunung Bongkok. Hal yang menarik di puncak ini adalah, banyak kita jumpai bebatuan dengan ukuran yang cukup besar dan menjulang. Memang di area ini cukup luas namun kita tidak bisa mendirikan tenda di tempat ini karena permukaannya yang berbatu ditambah lagi dengan kencangnya angin yang menerpa sehingga akan sangat berbahaya bagi para pendaki. 

Pemandangan di puncak batu tumpang sangat indah. Meskipun hanya memiliki ketinggian 975 mdpl pemandangan yang ditawarkan gunung ini tidak kalah menarik bandingkan dengan pemandangan gunung-gunung lainnya di Propinsi Jawa Barat. Dari puncak ini kita dapat melihat pemandangan waduk Jatiluhur dari kejauhan, pemandangan kota Purwakarta, pemandangan gunung Lembu dan gunung Parang, bendungan Cirata, Sungai Citarum dan beberapa desa lainnya di sekitar gunung Bongkok.


Berapa lama pendakian gunung Bongkok?

Untuk dapat mencapai kedua puncak dari gunung Bongkok ( puncak datar & puncak watu tumpuk ) maka kita memerlukan waktu perjalanan kurang lebih 1,5-2 jam perjalanan. Untuk dapat menuju puncak satu ke puncak dua maka kita akan menempuh waktu sekitar 5-10 menit.

Tips mendaki gunung Bongkok yang aman bagi pemula

  • Bila anda menginginkan kondisi yang tenang dan sepi maka hindari mendaki di akhir pekan, hari Minggu serta hari-hari libur nasonal, karena dipastikan jalur pendakian akan sangat ramai dan banyak yang mendirikan tenda baik itu di pos 1 dan pos 2.
  • Terdapat beberapa tanjakan yang cukup menguras tenaga diantaranya berada di tanjakan 700 mdpl, 800 mdpl dan juga 950 mdpl. Tanjakan disini akan bertambah licin terutama di musim hujan, oleh karenanya berhati-hatilah dan gunakanlah alas kaki yang mempunyai grip yang tebal.
  • Terdapat beberapa saung yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk beristirahat. Gunakan fasilitas yang ada secara bijak, jangan berlebihan dan jangan melakukan aksi vandalisme.
  • Berhati-hatilah jika mengambil foto ketika di puncak, terlebih jika menaiki batu, karena area puncak yang terdiri dari bebatuan dan sangat licin serta bagian tepi terdapat jurang maka sebaiknya anda selalu berpegangan dan tidak berebut dalam mengambil foto. Perhatikalah pula area di belakang anda.
  • Bagi yang ngin mendirikan tenda, anda dapat mendirikannya di pos 1 atau pos 2. Sangat tidak dianjurkan untuk mendirikan tenda di puncak, selain karena ada larangan dari pihak pengelola untuk tidak mendirikan tenda di puncak, kondisi puncak dengan bebatuan angin yang besar menjadi ancaman yang dapat membahayakan para pendaki.
  • Bagi yang ingin mendirikan tenda dan "ngecam" namun tidak memiliki atau tidak membawa tenda terdapat penyewaan tenda yang bisa anda manfaatkan.
  • Jangan melakukan aksi vandalisme baik itu di puncak maupun di sepanjang jalur pendakian gunung Bongkok. Banyaknya coretan yang terdapat di puncak merupakan tindakan yang tidak sepantasnya kita lakukan.
  • Bagi anda yang tidak ingin mendirikan tenda dan bermalam d gunung Bongkok, anda bisa membawa daypack dengan tetap melegkapi perbekalan baik itu logistik maupun peralatan mendaki lainnya.
  • Dan yang terakhir, jagalah kelestarian alam dengan tidak meninggalkan apapun kecuali jejak, tidak mengambil apapun kecuali foto, dan tidak membunuh apapun kecuali waktu.
Itulah sedikit informasi mengenai jalur pendakian gunung Bongkok, lokasi gunung Bongkok serta beberapa tips mendaki gunung Bongkok yang bisa anda lakukan. Persiapkan fisik anda dan lengkapi perbekalan anda sebelum mendaki gunung. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. salam.

0 Response to "gunung bongkok rute pendakian ketinggian dan lokasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel