8 Manfaat gunung bagi kehidupan manusia yang perlu kamu ketahui


Manfaat gunung untuk kehidupan manusia. Yang dimaksud dengan gunung adalah: bentuk tanah yang menonjol dibanding dengar permukaan tanah lainnya ataupun bentuk permukaan tanah yang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah lainnya. Dalam hal ini kita harus bisa membedakan definisi gunung dengan bukit. Gunung rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan bukit, meskipun tidak menutup kemungkinan masing-masing daerah kedua hal tersebut tidak bisa menjadi patokan. Indonesia merupakan negara yang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak gunung maupun pegunungan.



Di negara ini masih ditemukan banyak gunung berapi yang masih aktif. Berbagai macam dampak bisa diakibatkan karena aktifitas vulcanik, salah satunya adalah bencana alam yakni banjir lahar dingin, serangan awan panas serta hujan abu yang bisa kita jumpai di berbagai wilayah di Indonesia yang berdekatan dengan wilayah gunung yang masih aktif. Selain berdampak menyebabkan bencana alam, adanya gunung juga memberikan manfaat bagi manusia.

Gunung bisa memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan manusia bisa memanfaatkan gunung tidak hanya dari material vulcanik yang dihasilkan, namun juga dari fungsi gunung itu sendiri sebagai salah satu yang berpengaruh terhadap iklim di bumi. Apa saja manfaat lain dari gunung bagi kehidupan manusia berikut penjelasannya : 

1. Gunung sebagai sumber bahan tambang. Manfaat pertama adanya gunung yang bisa kita rasakan manfaatnya adalah gunung sebagai sumber tambang. Ketika mengalami erupsi, entah berapa ribu ton material yang dikeluarkan oleh perut bumi ke permukaan yang bisa dimanfaatkan manusia untuk beberapa keperluan seperti pasir, batu-batuan serta belerang yang bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan baku pembuatan obat dan bahan-bahan guna pembuatan kosmetik.

2. Menyuburkan tanah. Tidak bisa dipungkiri, bahwa tanah yang subur identik dengan tanah yang berada di daerah gunung berapi. Sebagai contoh pulau Jawa. Pulau jawa terkenal dengan tanahnya yang subur berkat banyaknya gunung yang tersebar baik itu di Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Abu vulcanik yang dihasilkan ketika gunung berapi mengalami erupsi menyebar ke beberapa tempat dan mengalami proses yang lama mengakibatkan tanah di sekitarnya menjadi sangat subur.

3. Gunung sebagai pengatur iklim bumi. Masih ingat sejarah letusan gunung Tambora yang berada di kepulauan Sumbawa ? Letusan yang terjadi pada tahun 1815 ini merupakan letusan terdasyat dengan skala 7 Volcanix Explofivity Index. Letusan gunung ini mengakibatkan perubahan iklim dunia karena beberapa wilayah di bumi diselimuti oleh debu berwarna hitam. Oleh karenanya, keberadaan gunung berapi sangat berpengaruh terhadap perubahan iklim di bumi.

4. Gunung sebagai tempat penyimpanan kandungan air. Keberadaan gunung sebagai tempat penyimpanan kandungan air tidak lepas dari hutan-hutan yang tumbuh di lereng pegunungan. Hutan yang berada di kawasan pegunungan dapat menyerap air pada saat musim penghujan dan pada musim kemarau bisa mengalirkannya ke tempat-tempat yang memiliki ketinggian lebih rendah.

5. Gunung menghasilkan angin gunung dan angin lembah. Masih ingatkah kalian tentang angin gunung serta angin lembah? Manfaat kedua angin ini mungkin tidak terlalu dirasa penting jika dibandingkan dengan angin darat dan angin laut yang banyak dimanfaatkan oleh nelayan. Namun bagi masyarakat di daerah lereng pegunungan angin ini sangat bermanfaat. Tidak lain karena fungsinya dalam membawa awan penuh uap air yang pada akhirnya menyebabkan turunnya hujan.

6. Sebagai tempat pendakian dan rekreasi. Manfaat gunung selanjutnya adalah gunung sebagai tempat rekreasi. Tidak terhitung lagi berapa banyak tempat-tempat di Indonesia ini yang menjadikan gunung sebagai tempat untuk rekreasi. Yang paling terkenal hingga ke manca negara tentunya gunung Bromo, salah satu gunung di Jawa Timur yang terkenal dengan pemandangan golden sunrisenya. Selain itu, gunung di Indonesia yang sangat terkenal untuk pendakian adalah puncak Cartenzs Papua, salah satu gunung dari Seven Summit yang saat ini memecahkan rekor sebagai pendakian termahal di dunia karena sulitnya akses untuk menuju ke sana.

7. Gunung sebagai tempat untuk perlindungan hewan dan tumbuhan dari kepunahan. Ada banyak hewan dan tumbuhan di bumi ini yang terancam punah. Beberapa diakibatkan oleh perubahan iklim, perburuan ilegal serta beberapa lagi disebabkan karena adanya pengalihan lahan. Hutan-hutan yang berada di kawasan gunung saat ini merupakan hutan lindung, dimana disana menjadi tempat bagi hewan dan tumbuhan untuk bisa bertahan dari ancaman kepunahan. Sudah menjadi kewajiban bagi kita bersama untuk menjaga satwa-satwa tersebut dari kepunahan dengan cara tidak melakukan perburuan liar, tidak merusak ekosistem di daerah hutan lindung.

8. Gunung sebagai obyek penelitian. Gunung dapat dimanfaatkan untuk obyek penelitian. Seperti halnya gunung Merapi yang berada di perbatasan antara Propinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Karena sering mengalami erupsi, maka gunung ini dijadikan obyek penelitian baik itu oleh mahasiswa ataupun penelitian dari luar negeri.

Itulah manfaat gunung bagi kehidupan manusia. Kita bisa bersahabat dengan alam atau bahkan dengan bencana yang diakibatkan oleh karena gunung sekalipun dengan cara hidup selaras dengannya, mengetahui tanda-tanda alam serta belajar dari pengalaman masa lalu ketika terjadi bencana. Karena pada dasarnya, gunung banyak memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. 

0 Response to "8 Manfaat gunung bagi kehidupan manusia yang perlu kamu ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel