15 fakta dan tips mendaki gunung Andong Magelang ( 1.726 Mdpl )

Gunung Andong berada di Kabupaten Magelang dan masuk dalam Propinsi Jawa Tengah. Gunung mungil yang memiliki ketinggian kurang dari 1800 MDPL ini memiliki banyak keunikan. Salah satunya adalah adanya punggungan bukit berbentuk menyerupai punukan sapi yang memisahkan puncak satu dengan puncak yang lainnya. Belakangan Gunung Andong menjadi populer berkat banyak pendaki yang mengunggah fotonya di media sosial termasuk instagram. Tak ayal gunung ini ramai akan pendaki. Tidak hanya di akhir pekan saja, melainkan juga di hari-hari biasa. Setiap hari pasti ada yang mengunjungi gunung ini, baik itu solo hiking atau melakukan pendakian bersama-sama.



Berada berdekatan dengan Gunung Merbabu atau lebih tepatnya berada di sisi utara Gunung Merbabu, lokasi Gunung Andong sangat mudah untuk kita capai. Gunung Andong secara administratif berada di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah atau lebih tepatnya berada di sisi utara jalur menuju ke arah Kopeng. Selain memiliki beberapa keunikan, Gunung Andong memiliki beberapa fakta dan mitos yang menarik dan mungkin beberapa pendaki jarang mengetahuinya? Apa saja fakta dan mitos tentang Gunung Andong ?? Yuk baca bersama-sama.......


1. # Gunung Andong Cocok untuk pendaki pemula


Kamu baru pertama kali mendaki gunung ??? Takut akan ketinggian ??? Takut tidak bisa sampai puncak bareng temen-temen yang lain ??? Tidak perlu khawatir. Gunung yang satu ini cocok banget bagi kamu yang masih newbie terhadap kegiatan mendaki gunung. Terletak di ketinggian 1.726 MDPL membuat gunung ini menjadi gunung yang ideal bagi pendaki pemula. Tidak hanya menarik bagi pendaki pemula saja. Bagi kamu yang sudah exspert mendaki gunung, tidak ada salahnya kamu mencoba mendaki gunung yang letaknya berada di sisi utara gunung Merbabu ini.

via ig Gunung Andong


Pasalnya view yang ditawarkan di puncak Gunung Andong sangatlah indah. Beberapa pendaki mengaku bahwa dari kesekian gunung yang berada di Jawa Tengah yang pernah mereka daki. Pemandangan puncak paling bagus ya di Gunung Andong. Memang hal itu bersifat subyektif....namun cukup menarik bukan ??? 


2. # Terlihat sangat kecil apabila dilihat dari gunung Merbabu




Fakta gunung Andong selanjutnya adalah, gunung ini akan terlihat sangat kecil jika dilihat dari gunung di sekitarnya. Karena kecilnya, gunung ini terlihat tak ubah seperti sebuah bukit apabila kamu melihatnya dari arah jalur pendakian Gunung Merbabu Via Desa Suwanting. Meskipun termasuk gunung yang ukurannya kecil, jangan sekali-kali menyepelekan track di gunung ini ya ...tetap bawa perbekalan dan peralatan pendakian yang cukup. Terlebih bagi kamu yang ingin bermalam di sana.


3. # Gunung yang selalu ramai akan pengunjung



Susahnya foto dengan background yang masih alami via ig ekohariadi129 

Bagi kamu yang baru pertama kali mendaki gunung ini, jangan harap bisa berfoto dengan background pemandangan alam yang masih nampak sepi dan asri. Tidak haya di akhir pekan saja gunung ini ramai akan pengunjung, seringkali kawasan puncak gunung Andong tidak ubahnya menjadi sebuah lautan manusia lengkap dengan hiasan tenda warna-warni karena banyaknya pendaki yang mengunjungi gunung ini. Sejak hits di media sosial, gunung ini seringkali diserbu oleh pendaki baik itu dari daerah sekitarnya maupun pendaki yang berasal dari luar daerah.


4. # Memiliki hutan pinus yang masih sangat asri



Hutan pinus yang cocok untuk melepas lelah via ig uuulum

Satu lagi fakta mengenai gunung Andong. Gunung Andong memiliki hutan pinus yang masih sangat asri dan alami. Bahkan hutan pinus disini tidak kalah dibandigkan dengan hutan pinus Mangunan yang berada di Yogyakarta. Pendaki akan dimanjakan dengan udara pegununan yang masih sangat bersih sangat kontras dengan kawasan perkotaan. Selain bisa sebagai tempat camping, kamu bisa saja berhammocking di tempat ini. Tidak jauh dari wilayah jalur pendakian gunung Andong juga terdapat hutan pinus Mangli, setelah selesai melakukan pendakian, jangan lupa ya mampir di tempat ini :)

5. # Memiliki pemandangan puncak yang sangat indah


Pemandangan di puncak Gunung Andong via ig suryomulyo6
Hal yang membedakan gunung ini dengan gunung yang lain di wilayah Jawa Tengah adalah, puncak di gunung Andong tidaklah terlalu luas. Gunung Andong setidaknya memiliki 4 puncak yakni : Puncak makam, puncak alap-alap, puncak Andong dan yang terakhir adalah puncak Jiwa. Keempat puncak tersebut tidaklah luas, namun lebih cenderung memanjang dari barat ke arah timur. Dari puncak-puncak tersebut kita bisa melihat pemandangan beberapa gunung di sekitar, diantaranya gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing dan terakhir adalah Gunung Lawu yang terlihat meskipun sangatlah kecil di sisi timur.    

6. # Baik sunrise maupun sunset, semua sayang untuk dilewatkan


Sunrise di Gunung Andong via ig agustinprnd
Salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu oleh pendaki adalah bisa melihat sunrise di pagi hari. Gunung Andong menawarkan keindahan Golden Sunrise yang sangat sayang apabila kamu lewatkan begitu saja. Melihat sang Surya muncul dari ufuk timur, menggantikan bintang malam yang cahayanya perlahan semakin pudar, akan membuat pagimu lebih bermakna. Tentunya kamu harus berjaga atau setidaknya bangun lebih pagi untuk bisa menikmati moment-moment ini.


7.# Tempat yang asik untuk foto 


sumber : ig anggateguhsaputro
Bosan dengan foto di tempat-tempat yang itu-itu saja. Sekali-kali kunjungilah Gunung Andong, ambillah salah satu gambar disana dengan pose terbaikmu, tandai temanmu, pastinya temanmu akan bertanya-tanya dimana tempatmu berfoto. Gunung Andong memiliki beberapa spot asik bagi kamu yang suka kegiatan fotografi. Spot yang paling banyak digunakan adalah puncak Andong ke arah puncak alap-alap dengan melewati track seperti punukan sapi yang terlihat melengkung.


8 # Bertetangga dengan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu 


Gunung Andong dengan background Gunung Merapi dan Gunung Merbabu


Gunung Andong terletak di Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah. Berada di jalur Salatiga via Kopeng Gunung ini bertetanggaan dengan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu atau lebih tepatnya berada di utara kedua gunung tersebut. Jadi jangan heran apabila kamu ke gunung ini dari arah Yogyakarta, kamu akan melewati sisi barat dari gunung Merbabu dan melewati pula jalur Pendakian Gunung Merbabu via Jalur Suwanting  


9. # Aman untuk solo hiking



Via ig fajarady34
Cari gunung yang aman untuk melakukan solo hiking ?? Gunung Andong tempatnya. Dengan waktu untuk mencapai puncak yang relatif singkat dan jarak tempuh dari pemukiman yang tidak terlalu jauh, kamu bisa saja melakukan solo hiking tanpa harus bermalam di gunung. Kamu bisa berangkat pagi-pagi dan pulang sore dengan membawa perbekalan yang secukupnya. Banyak juga lho pendaki yang melakukan hal serupa.

10. # Memiliki track yang mudah untuk dilalui



Akses yang mudah, tidak terlalu jauh dari pemukiman membuat gunung Andong menjadi salah satu alternatif tempat untuk bercamping di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Selain itu gunung Andong memiliki track yang sangat mudah untuk kita lalui. Track di gunung ini beberapa memang memiliki percabangan, namun semuanya akan bertemu pada track utama. Jadi jangan takut kamu akan tersesat karena selain memiliki track yang tergolong mudah, atas kebaikan hati warga dan beberapa kelompok pecinta alam, beberapa tanda penunjuk arah sudah terpasang di tempat ini.     

11.# Memiliki jalur mirip punukan sapi


via Ig rifzal_ha


Memiliki jalur seperti punukan ( punggung ) sapi yang menghubungkan puncak satu dengan puncak yang lainnya hanya akan bisa kamu temukan di Gunung Andong. Bahkan konon, nama gunung Andong berasal dari kemiripannya dengan punggung sapi. Apabila dilihat dari samping, memang gunung ini layaknya sebuah punggung sapi dengan ukuran besar. Punggungan yang dimaksud dapat kita lalui karena hanya dengan jalur ini kita bisa ke puncak yakni ke puncak alap-alap.

12.# Memiliki pemandangan malam yang indah


via ig melzpuspita_
Bosan dengan pemandangan sunrise atau sunset ?? ingin menikmati malam bertabur bintang dengan kelap-kelip lampu ?? Mendakilah Gunung Andong dan bermalamlah disana. Kamu bisa menikmati dinginnya malam bertabur bintang dengan kelap-kelip lampu pijar yang menambah keindahan malammu. Tentunya kamu harus mencari waktu pendakian yang tepat untuk bisa melihat pemandangan ini. Waktu yang tepat untuk melakukan pendakian adalah di pergantian musim penghujan ke musim kemarau.




13. # Pernah mengalami kebakaran 



Gunung Andong juga pernah mengalami nasib yang sama dengan gunung-gunung yang lain, yakni pernah mengalami kebakaran di bagian lerengnya. Kebakaran lereng gunung memang sering terjadi, terutama di musim kemarau, dimana sebagian besar rerumputan dan ilalang dalam kondisi mengering serta mudah terbakar apabila terkena percikan api. Kebakaran lereng pegunungan seringkali terjadi, bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor kelalaian pendaki seperti membiarkan api unggun yang masih menyala atau lupa mematikan perapian merupakan penyebab yang sering terjadi.

14. # Memiliki sumber mata air



Kabar gembira yang perlu rekan-rekan ketahui adalah, di jalur pendakian Gunung Andong terdapat sebuah mata air. Mata air tersebut berada di sisi kanan jalur diantara pos 1 dan pos 2. Sebenarnya mata air di Gunung Andong cukup sulit dijangkau karena masuk ke dalam semak-semak. Namun oleh warga sekitar, mata air di Gunung Andong bisa kita manfaatkan dengan mudah karena mata air yang ada telah dihubungkan dengan pipa paralon kecil yang bermuara di sisi jalur pendakian. Meskipun kecil, namun keberadaan mata air di Gunung Andong sangat bermanfaat sekali bagi para pendaki yang kebetulan kehabisan persediaan air minum.




15. # Adanya makam keramat di Gunung Andong




Berbeda gunung Andong di masa-masa sekarang yang dikenal sebagai tempat pendakian yang banyak difavoritkan. Pada jaman dahulu, konon Gunung Andong menjadi tempat yang angker dan dikeramatkan. Hal tersebut ditandai dengan keberadaan makam di salah satu puncaknya. Warga sekitar menamai puncak ini sebagai puncak makam. Puncak makam sendiri merupakan area yang tidak terlalu luas, dimana disana terdapat makam kyai Abdul Faqih atau yang lebih dikenal dengan Ki Joko Pekik, seorang tokoh di kalangan masyarakat yang sangat berwibawa dan sangat dihormat. Bahkan sampai saat ini masyarakat di sekitar Gunung Andong masih seringkali mengadakan ritual untuk menghormati tokoh yang dimaksudkan.



Berapa waktu yang diperlukan untuk mendaki Gunung Andong ???


Waktu rata-rata yang diperlukan untuk mendaki gunung Andong terhitung dari gapura masuk setelah perkebunan rumah warga berkisar antara 2-3 jam perjalanan. Trek di awal cukup mudah untuk dilalui dengan melewati hutan pinus tanpa shelter. Baru di perjalanan dari pos 1 ke pos 2 rute yang dilalui semakin sulit.


Kapan waktu terbaik untuk mendaki gunung Andong ??


Mengingat Gunung Andong akan sangat ramai akan pengunjung, bahkan di hari-hari tertentu seperti akhir pekan atau hari libur nasional. Jumlah pendaki akan membeludak bahkan untuk sekedar mendirikan tenda kita tidak kebagian tempat, alangkah baiknya kita mendaki di hari-hari biasa. Selain itu mendaki gunung ini di pergantian musim penghujan ke kemarau atau musim kemarau lebih direkomendasikan. Selain jarang terjadi badai, kondisi langit jauh lebih cerah.


Tips Mendaki Gunung Andong : 

  1. Bawalah perlengkapan yang memadai jika kamu hendak bermalam di tempat ini. Pastikan peralatan mendaki gunungmu dalam kondisi siap untuk dipakai
  2. Meskipun gunung ini memiliki ketinggian kurang dari 1.800 meter. Jangan sekali-kali menyepelakan dengan tidak membawa peralatan yang memadai. Admin sendiri pernah dihajar badai dari sore hingga pagi hari, alhasil semalaman hanya berada di dalam dome.
  3. Jika memang sangat tidak diperlukan, jangan sesekali mendirikan api unggun di Gunung Andong. Gunung ini pernah mengalami kebakaran yang menyebabkan beberapa kerusakan pada lerengnya. Mari menjadi penikmat alam yang bijak, dengan menjaga alam agar tetap lestari.
  4. Gunakanlah sandal atau sepatu gunung untuk melindungi kakimu ketika melakukan pendakian
Itulah beberapa fakta dan mitos tentang Gunung Andong di Kabupaten Magelang..Bagaimana, Tertarik mengunjungi Gunung Andong ????

 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "15 fakta dan tips mendaki gunung Andong Magelang ( 1.726 Mdpl )"

Post a Comment