jalur pendakian gunung prau via dieng, disertai estimasi waktu


Gunung Prau adalah, gunung yang terletak di Dataran Tinggi Dieng Kabupaten Wonosobo. Gunung ini merupakan salah satu gunung favorit para pendaki khususnya pendaki yang tinggal di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Dengan ketinggian tidak lebih dari 3.000 Mdpl dan trek yang cukup bersahabat, tidak ada salahnya Ruang Pendaki memasukkan gunung ini ke dalam 7 Gunung di Jawa Tengah untuk pendaki pemula. 

jalur pendakian gunung prau via dieng
Puncak Gunung Prau


Gunung Prau memang tidak setinggi gunung Merbabu ataupun gunung Merapi, namun, meskipun tidak lebih tinggi dibandingkan dengan kedua gunung tersebut. Gunung Prau tidak kalah menarik untuk kita singahi. Pasalnya gunung ini memiliki view indah dengan adanya pemandangan hamparan bunga daisy dan bukit telletubies yang berada di puncaknya. Selain itu, untuk bisa mencapai puncaknya, gunung ini memiliki jalur pendakian yang cukup aman serta mudah untuk kita lalui. Salah satu jalur pendakian yang banyak dipilih oleh pendaki adalah Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng

4 Jalur pendakian Gunung Prau

Jalur pendakian Gunung Prau via Dieng merupakan salah satu dari 4 jalur pendakian yang bisa kita lalui. Gunung Prau sendiri setidaknya memiliki 4 jalur pendakian yang bisa kita lalui. Diantaranya adalah : 
  1. Jalur pendakian Gunung Prau via Pathak Banteng
  2. Jalur pendakian Gunung Prau via Dwarawati
  3. Jalur pendakian Gunung Prau via Kali Lembu
  4. Jalur pendakian Gunung Prau via Dieng Wetan

Basecamp Pendakian Gunung Prau Via Dieng. 

Jika rekan-rekan pendaki memilih mendaki Gunung Prau melalui jalur pendakian Dieng Wetan, maka rekan-rekan tentu tidak akan mengalami kesulitan untuk bisa menemukan basecampnya. Basecamp Dieng beralamatkan di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Basecamp ini letaknya tidaklah jauh dari obyek wisata Dieng. Perlu rekan-rekan ketahui sebelumnya, bila rekan-rekan melalui jalur ini, mungkin waktu yang diperlukan untuk sampai ke puncaknya lebih lama dibandingkan apabila rekan-rekan melalui jalur pendakian Gunung Prau via Patak Banteng. Namun keuntungan apabila rekan-rekan melalui jalur ini adalah, treck yang kita lalui tidak seterjal apabila kita melalui jalur lainnya. Untuk pemandangan jalur pendakian Dieng Wetan tentunya tidak kalah menarik karena sama-sama melewati area persawahan penduduk dan hutan Gunung Prau Sendiri yang masih sangat asri.

Transportasi ke Basecamp Pendakian Prau via Dieng

  1. Dari arah Solo. Bila rekan-rekan berasal dari kota Solo, Klaten dan sekitarnya untuk bisa sampai ke basecamp Gunung Prau via Dieng. Rekan-rekan bisa naik kendaraan umum yakni dengan bus di Terminal Tirtonadi Solo. Ambil bus yang menuju ke arah kota Semarang lalu turun di terminal Bawen. Dari Terminal Bawen kita ganti bus dengan bus ke arah kota Wonosobo. Dari arah terminal Wonosobo kita bisa naik bus kecil yang biasa mengangkut wisatawan ke obyek wisata Dieng Plateu. Letak Basecamp pendakian Gunung Prau Via Dieng tidak jauh dari pertigaan Obyek wisata Dieng.
  2. Dari arah Semarang. Sama halnya bila rekan-rekan pendaki berasal dari wilayah Semarang dan sekitarnya. Untuk bisa mencapai Basecamp Dieng. Rekan-rekan bisa menggunakan angkutan umum berupa bus Semarang-Solo dan turun di Terminal Bawen. Dari terminal Bawen dilanjutkan dengan bus ke arah Terminal Wonosobo. Dari Terminal Wonosobo dilanjutkan dengan bus kecil ke arah obyek wisata Dieng Plateu.

Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng

Sebelum melakukan pendakian, kita diwajibkan mengurus simaksi terlebih dahulu di basecamp. Basecamp pendakian jalur Dieng sangat mudah kita temukan karena berada di depan kantor kelurahan. Letaknya hanya beberapa puluh meter dari pertigaan yang ada tulisan "Dieng Plateu " yakni arah ke Banjarnegara atau Kabupaten Batang. Untuk biaya parkir dan simaksi, pendaki cukup membayar Rp.10.000;

Basecamp - Pos 1 ( Pos Gemekan). 35-40 menit
Setelah melengkapi perbekalan dan memastikan semua peralatan siap digunakan, pendaki bisa memulai pendakian. Setidaknya kita harus melalui 3 pos sebelum bisa mencapai puncak dari Gunung Prau. Setiap pos memiliki karakteristik dan kesulitan masing-masing. Khusus jalur menuju ke Pos 1 pendaki akan melewati area ladang sayuran milik penduduk. Masih banyak masyarakat yang dijumpai di jalur ini. Trek menuju ke Pos 1 cukup landai dengan medan yang bebatuan.

Pos 1 - Pos 2 ( Pos Semendung ) 45-60 menit
Pos 1 sendiri merupakan batas antara ladang milik penduduk dengan hutan Gunung Prau. Ditandai dengan adanya sebuah persimpangan jalan, pendaki harus berbelok ke arah kanan untuk bisa melanjutkan perjalanan menuju ke puncak Gunung Prau. Apabila kita mengambil jalan yang lurus, jalan tersebut adalah jalan yang biasa digunakan oleh penduduk untuk mengangkut hasil pertanian mereka. Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 kita melewati vegatasi yang cukup rimbun karena deretan pohon pinus disertai dengan trek yang awalnya turun kemudian semakin menanjak. 

Pos 2 - Pos 3 ( Pos Nganjir ) 60-90 menit
Sampailah pendaki di pos 2 Pendakian Gunung Prau via Dieng. Sampai di pos 2, pendaki akan menemukan batas wilayah administratif Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Batang Jawa Tengah berupa tugu. Di pos ini pula rekan-rekan pendaki akan menemukan percabangan jalan, dimana apabila kita ke kiri, kita akan menuju jalur basecamp Dwarawati. Sedangkan apabila kita mengambil ke kanan adalah jalur menuju ke Puncak Gunung Prau. Mulai dari pos 2 ke pos 3 trek yang harus dilalui semakin menanjak dan sangat licin apabila di musim penghujan. Terkadang aliran air hujan akan menciptakan parit-parit kecil pada jalur pendakian serta menyisakan akar-akar pinus yang keluar dan dapat menjadi pegangan kita. 

Pos 3 - Puncak. 30-45 menit
Pos 3 jalur pendakian gunung Prau via Dieng merupakan sebuah area yang cukup luas di tengah-tengah hutan pinus yang sangat rimbun. Tempat ini bisa dijadikan tempat istirahat sebelum rekan-rekan melintasi trek terberat jalur ini, yakni trek menuju ke puncak Gunung Prau itu sendiri. Perjalanan dari pos 3 menuju ke puncak kita akan melewati medan yang sangat terjal. Ada perpotongan jalan yang bisa kita lalui, apabila kita ke kanan kita akan melalui jalan yang lebih kecil namun lebih cepat sampai dibandingkan dengan jalan yang lurus karena kita akan melalui bangunan towe repeater terlebih dahulu. Pemandangan dari arah tower repeater tidak kalah menarik. Dari sini kita bisa melihat keindahan obyek wisata dieng yakni kawah dieng dan telaga warna meskipun sangat kecil. Terlihat asap yang mengepul di beberapa titik.  

Puncak Gunung Prau 
Puncak Gunung Prau berada di ketinggian 2.565 Mdpl. Pemandangan di puncak Gunung Prau tidak kalah menarik dibandingkan dengan Gunung Andong. Ditandai dengan sebuah tugu yang penuh dengan coretan dan dikelilingi dengan camping ground terkadang pendaki tidak mengetahui puncak gunung Prau yang sebenarnya. Dari puncak ini apabila kita beruntung, kita bisa melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang letaknya terlihat sangat berdekatan. Kedua gunung akan terlihat indah ketika sunrise tiba dengan cahaya keemasan dari ufuk timur.

Gunung Sindoro-Sumbing yang gagah berdiri 


Apabila kita beruntung, di puncak gunung Prau kita juga bisa melihat keindahan bunga daisy yang bermekaran. Bunga daisy bisa kita temukan terutama di sisi utara dari camping ground. Untuk melihat keindahan bunga daisy maka sebaiknya pendaki melakukan pendakian antara bulan April sampai dengan bulan Juni karena berepatan dengan musim semi.     
Pesona bunga daisy


Area Camping Ground Gunung Prau
Tiap akhir pekan tiba, sama seperti gunung-gunung lainnya, Gunung Prau akan diserbu oleh pendaki yang berasal dari berbagai daerah. Untuk keperluan mendirikan tenda di sekitar puncak Gunung Prau setidaknya area camping ground yang cukup luas dan bisa menampung hingga puluhan tenda. Di area ini juga terdapat bukit teletubies dengan banyak ditumbuhi bunga daisy yakni berada di bagian timur camping ground.  

Tips mendaki Gunung Prau
  1. Pilihlah waktu yang cocok untuk melakukan pendakian. Awal musim semi atau musim kemarau adalah waktu yang cocok karena sangat sedikit kabut dan trek yang dilalui tidak terlalu licin karena air hujan.
  2. Bawalah perlengkapan pendakian sesuai dengan kebutuhan. Meskipun gunung ini tidak sampai 3.000 meter, jangan pernah menyepelekannya dengan tidak membawa perlengkapan secara lengkap. Sebagai referensi rekan-rekan bisa membaca 30 daftar peralatan dan perlengkapan mendaki gunung secara lengkap
  3. Pakailah trekking pole untuk mengurangi nyeri pada lututmu serta dapat mendistribusikan beban bawaanmu.
  4. Jangan meninggalkan perapian yang masih menyala di area pendakian
  5. Jadilah pendaki yang bijak dengan mematuhi peraturan dan tata tertib yang ada
Itulah sedikit informasi apabila rekan-rekan pendaki ingin mendaki gunung Prau Via Dieng. Tetap jaga kelestarian alam. salam lestari. 

0 Response to "jalur pendakian gunung prau via dieng, disertai estimasi waktu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel