Indahnya bunga edelweis di gunung merbabu via Suwanting


Salah satu gunung di Jawa Tengah untuk pendaki pemula adalah Gunung Merbabu. Gunung ini terletak di Kabupaten Boyolali dan terletak berdekatan dengan Gunung Merapi. Memiliki setidaknya lebih dari 3 jalur pendakian, membuat Gunung Merbabu selalu ramai dikunjungi oleh pendaki tidak hanya dari Jawa Tengah saja melainkan dari berbagai propinsi terutama Jawa Timur dan Yogyakarta. Berbicara mengenai jalur pendakian Gunung Merbabu, tidak akan lengkap rasanya apabila tidak membahas tentang jalur pendakian via Desa Suwanting. Hal yang menarik dari pendakian Gunung Merbabu via Jalur Suwanting adalah adanya padang sabana yang terletak  di sebelah barat laut puncak Merbabu. 

Valentinus Widyawan
 sabana gunung merbabu via Suwanting


Padang sabana Gunung Merbabu via Desa Suwanting dapat rekan-rekan tempuh selama kurang lebih 6-7 jam pendakian. Di padang sabana ini juga terdapat mata air yang bisa rekan-rekan manfaatkan guna mengisi perbekalan atau logistik, nama tempat tersebut adalah sendang Dampo Awang. Di bawah padang sabana tersebut terdapat area yang cukup luas untuk mendirikan tenda yakni di pos 3. Jika anda beruntung dan melakukan pendakian dimana bulan-bulan mekarnya bunga edelweis, maka anda akan bisa menikmati keindahan bunga Edelweis di bawah padang sabana Suwanting. 


Edelweis di Gunung Merbabu
Edelweis di Gunung Merbabu via Suwanting

Memang memerlukan sebuah perjuangan untuk bisa sampai ke tempat ini, karena perjalanan dari Desa Suwanting ke Puncak bukanlah perjalanan yang mudah. Lebih berat dibandingkan dengan perjalanan melalui pos pendakian via Selo. Namun apabila rekan-rekan ingin bisa lebih cepat sampai, penulis sarankan melakukan pendakian melalui Selo, setelah sampai puncak barulah turun ke sisi utara. Kurang lebih 15-30 menit perjalanan maka rekan-rekan bisa menikmati keindahan sabana Suwanting.  

0 Response to "Indahnya bunga edelweis di gunung merbabu via Suwanting"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel